Yuk, Kenalkan Anak Kita Tentang Sentuhan

Yuk, Kenalkan Anak Kita Tentang Sentuhan

Ketua TPPKK Kabupaten Wonogiri, Verawati Joko Sutopo sangat antusias terhadap perkembangan keluarga di masyarakat Wonogiri. Salah satunya adalah dalam menyikapi adanya kekerasan anak yang setiap saat bisa terjadi. Persoalan sosial, salah satunya kekerasan terhadap anak menjadi perhatian penting Ibu Vera.

TPPKK Kabupaten Wonogiri saat ini menggiatkan dua program. Program tersebut adalah “4W Lima Sempurna” serta “Momong Cerdas”.

Program 4W 5S, mempunyai makna Wareg (Makanan Bergizi), Waras (Sehat Jasmani dan Rohani), Wasis (Anak Bersekolah), Wanggon (Rumah Sehat Layak Huni dan Anggota Keluarga Krasan Di Rumah) dan Waskito (Orang Tua Yang Bijaksana).

Lima hal ini, menurutnya bisa membawa kebaikan dalam kehidupan berumah tangga. Manakala 4 W bisa terpenuhi, maka akan menuju kesempurnaan yaitu Waskito.

Program Momong Cerdas lebih menitikberatkan pada perubahan pola pikir para ibu rumah tangga. Tak dipungkiri, penduduk Wonogiri mayoritas boro, sehingga dalam mengasuh anak pun kerap dititipkan orang lain. Sehingga kerap sekali muncul kasus-kasus kenakalan remaja, pelecehan seksual dengan korban atau pelaku dari keluarga boro.

Kewajiban pengawasan terhadap anak adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Agar anak terhindar dari kekerasan seksual, maka perlu mengenalkan cara pencegahan sejak dini ke mereka.

Kita bisa mulai dari memberikan pemahaman terhadap anak kita tentang jenis sentuhan. Sentuhan yang dimaksud adalah sentuhan orang kepada si anak.

Sebagai orang tua, mari kita jelaskan kepada anak – anak kita mana sentuhan yang boleh dan yang tidak.

Sentuhan boleh adalah sentuhan seseorang pada kepala, tangan dan kaki anak. Sentuhan tidak boleh adalah sentuhan pada bagian badan yang tertutup baju atau baju dalam, dan sentuhan yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Biasanya anak akan lebih mudah mengingat sesuatu dengan lagu. Berikut salah satu lagu untuk memperkenalkan kepada anak kita mengenai sentuhan. Semoga bermanfaat.

Sentuhan boleh..Sentuhan boleh…Kepala, tangan, kaki…Karena sayang…Karena sayang…Karena sayang. Sentuhan tidak boleh..Sentuhan tidak boleh..Yang tertutup baju dalam..Hanya diriku. Hanya diriku yang boleh menyentuh. Sentuhan tidak boleh…Sentuhan tidak boleh…Yang tertutup baju dalam..Lebih baik menghindar…Bilang ayah ibu

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.