TIPS HADAPI MASA PENSIUN DENGAN BAHAGIA

TIPS HADAPI MASA PENSIUN DENGAN BAHAGIA

WONOGIRI-Pensiun merupakan satu fase seorang pekerja melepas tugas dan tanggungjawab karena faktor usia lanjut. Bagi sebagian orang memasuki masa pensiun adalah momen yang mengkhawatirkan, ada juga orang sangat menikmati datang masa pensiun. Semua tergantung bagaimana seseorang mempersiapkan diri.

Pensiun dapat mendatangkan tingkat stres yang cukup tinggi. Karena pekerjaan merupakan faktor yang mendatangkan kepuasan tersendiri bagi seseorang. Datangnya masa pensiun akan menjadikan seseorang tidak tahu akan melakukan apa untuk melanjutkan aktifitas keseharian. Selain itu, dari sisi fasilitas saat masih bekerja tidak akan dinikmati lagi. Pendapatan juga akan turun secara drastis sedangkan kebutuhan hidup masih tetap tinggi.

Stres saat pensiun ini biasa disebut post power sindrom dan akan mendatangkan berbagai gangguan secara fisik dan perilaku. Seseorang akan mudah merasa sakit kepala dan perut tidak nyaman. Secara psikis akan mudah marah, emosi tinggi dan senantiasa merasa tidak puas akan sesuatu.

Berikut adalah beberapa tips dalam menghadapi pensiun agar lebih siap dan bahagia :

  • Senantiasa bersyukur atas pencapaian karier selama ini hingga memasuki masa pensiun. Dengan rasa syukur ini, seseorang akan merasa lebih lapang dalam menghadapi masa pensiun. Perbanyak rasa menerima semua kondisi tanpa berburuk sangka.
  • Persiapkan masa menjelang pensiun dengan melatih diri melakukan aktifitas lain selain bekerja. Bisa menekuni hobi ataupun aktifitas lain yang mampu menjadi pengganti saat nanti memasuki pensiun.
  • Mencoba melakukan penghematan pengeluaran dengan menekan pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Hal ini untuk mengantisipasi merosotnya pendapatan saat memasuki pensiun.
  • Tetap aktif membaca atau menulis sesuatu. Memasuki pensiun tidak serta merta harus berhenti dalam membaca atau menulis sesuatu, justru seseorang akan memiliki waktu yang cukup luang untuk membaca atau bahkan menulis. Hal ini untuk mempertahankan daya berfikir serta melatih otak agar tidak cepat pikun.
  • Bergabung dengan organisasi pensiun maupun organisasi lain yang masih menampung para lansia. Dengan tetap menjadi anggota suatu organisasi, akan ada aktifitas yang bisa dijalankan.
  • Tingkatkan aktifitas olahraga yang diperuntukkan menjaga kebugaran bagi lansia. Seiring dengan menurunnya ketahanan fisik karena faktor usia maka hanya dengan berolahraga yang akan mempertahankan kebugaran.
  • Perbanyak beribadah dan berbuat amal kebaikan bagi sesama. Kepuasan hidup seseorang dapat dicapai dengan mendekatkan diri kepada Sang Khalik dan perbanyak berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. Aktifitas sosial selain untuk membantu orang tidak mampu sekaligus akan mendatangkan kepuasan dalam kehidupan yang bisa diraih.
  • Jangan lupa liburan. Dengan masuk masa pensiun akan memiliki waktu luang untuk liburan. Tidak perlu berbiaya tinggi, cukup dengan liburan yang murah akan tetapi benar –benar bisa dinikmati. Selain bisa melepas beban hidup sekaligus menciptakan keceriaan. (admin-repost- www.bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com)

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.