RP 2 MILYAR UNTUK BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI DI WONOGIRI

RP 2 MILYAR UNTUK BEASISWA MAHASISWA BERPRESTASI DI WONOGIRI

WONOGIRI – Beasiswa sebesar Rp 2.096.523.000 diberikan Pemerintah Kabupaten Wonogiri kepada 162 mahasiswa Wonogiri berprestasi di tahun 2018 ini. Setiap mahasiswa penerima bantuan akan memperoleh Rp 12 juta selama satu tahun. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri, Drs. Siswanto, M.Pd menerangkan bahwa program bantuan bagi mahasiswa tahun ini sedikit berbeda dengan program serupa pada 2016 dan 2017 lalu. “Tahun lalu,  kami hanya mempersyaratkan bukti-bukti, bahwa mereka berprestasi, dengan menunjukkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), bukti akreditasi perguruan tinggi, dan sebagainya,” katanya saat menggelar sosislisasi bantuan untuk mahasiswa di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Selasa (30/10).

Namun, para mahasiswa  penerima beasiswa tahun ini harus menjalani tes atau seleksi terlebih dahulu. “Ada evaluasi dari tahun ke tahun mengenai program tersebut. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun ini memberi rekomendasi, bahwa penerima bantuan harus menjalani tes seleksi terlebih dahulu,” terangnya.

Penentuan calon penerima beasiswa dilakukan melalui verifikasi berkas persyaratan oleh tim verifikator yang terdiri dari OPD terkait dan tim verifikasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri. Pemkab akan menggandeng pihak ke tiga dari kalangan ahli dan akademisi untuk menggelar tes seleksi bagi mahasiswa calon penerima bantuan. Seleksi itu berupa tes tertulis dan wawancara.

Para mahasiswa juga diminta membuat makalah berisi tentang kontribusi yang akan mereka berikan untuk pembangunan di Kabupaten Wonogiri. Makalah tersebut nantinya harus dipresentasikan oleh mahasiswa.

“Selain mempersiapkan berkas-berkas administratif, mahasiswa juga perlu mempersiapkan diri untuk menjalani tes seleksi. Mereka juga diminta membuat rencana penggunaan bantuan yang akan diterima. Kalau sudah dapat Rp 12 juta, nanti mau dipakai untuk apa saja,” imbuhnya.

Adapun persyaratan-persyaratan lain yang harus dipenuhi mahasiswa, antara lain merupakan penduduk Kabupaten Wonogiri, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), bukan mahasiswa kedinasan atau berstatus PNS, melampirkan piagam penghargaan, melampirkan bukti akreditasi perguruan tinggi, melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 untuk mahasiswa S1 dan 3.30 untuk mahasiswa S2.

Penyerahan berkas pendaftaran untuk mahasiswa yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dibuka tanggal 5-10 November. Sedangkan Penyerahan berkas pendaftaran untuk mahasiswa yang sudah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dibuka tanggal 12-14 November. Penyerahan berkas pendaftaran dilakukan di sekretariat kantor Disdikbud Wonogiri, Bulusulur, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. (HUMAS-est)

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.