PMI GELAR JUMBARA PMR SE-KABUPATEN WONOGIRI

PMI GELAR JUMBARA PMR SE-KABUPATEN WONOGIRI

Wonogiri_ Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan generasi muda PMI yang amat potensial untuk dididik, dibina dan selanjutnya diarahkan sebagai calon relawan masa depan didalam mengemban tugas-tugas kepalangmerahan yang bertujuan meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya, dengan tidak membedakan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama atau kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2018 di laksanakan di Lapangan  Kedungrejo Kecamatan Nguntoronadi pada tanggal 2-4 Oktober 2018 dengan tema “ PMR Berkarakter, Kompetensi dan Mandiri”. Bertindak selaku Pembina Upacara Pembukaan Jumbara tersebut Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan “Dalam kondisi bencana yang sangat dibutuhkan adalah munculnya anggota masyarakat yang terlatih dan terampil dalam memberikan tindakan dalam kondisi darurat. Keberadaan PMI beserta relawan disetiap kejadian bencana menjadi suatu kebutuhan dan harapan para korban bencana yang selalu diharapkan kehadirannya.”

Bupati menyambut baik dengan kegiatan Jumbara Palang Merah Remaja  kali ini, karena mampu menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas relawan muda Palang Merah Indonesia. Bupati berharap agar Jumbara jangan hanya menjadi kegiatan seremonial rutin, namun terus dikembangkan dan ditindaklanjuti secara konsisten sebagai bekal pembinaan relawan muda PMI di semua pangkalan. “Dampaknya akan sangat luar biasa bagi pengembangan diri pribadi anggota PMI atau PMR, tetapi juga bagi masyarakat yang memiliki sikap rela memberikan pertolongan bagi sesama,” tandasnya.

Tujuan umum digelarnya Jumbara ini adalah untuk menumbuhkan karakter kepalangmerahan dan peran anggota melalui penerapan Tri Bakti PMR, pendidik sebaya dan pendekatan keterampilan hidup. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bakti PMR, dan pengembangan kapasitas serta berjumpa untuk saling berbagi dan meningkatkan Pengetahuan , Keterampilan dan Sikap yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jumbara PMR Tingkat Kabupaten Wonogiri diikuti oleh  + 1500 orang yang berasal dari 63 Unit PMR sekolah terdiri dari : PMR  Mula (sederajat SD) sebanyak 10 Koordinator Wilayah; PMR madya  (setingkat SMP) sebanyak 28 sekolah dan PMR Wira (setingkat SMA) sebanyak 25 sekolah. (TW-humas)

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.