Deklarasi Peduli AIDS Tandai Peringatan Hari AIDS Sedunia di Wonogiri

Deklarasi Peduli AIDS Tandai Peringatan Hari AIDS Sedunia di Wonogiri

WONOGIRI-Tepat tanggal 1 Desember yang telah ditetapkan sebagi Hari AIDS Sedunia, Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar Peringatan Hari AIDS Sedunia yang dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Wonogiri, Sabtu (1/12/2018). Kabupaten Wonogiri hingga Triwulan III 2018 mencatat ada 443 penderita HIV/ AIDS, dan menjadi salah satu wilayah Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah pengidap HIV/ AIDS terbanyak.

Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa SH dalam kesempatan tersebut menyatakan,  langkah nyata penanggulangan HIV/ AIDS perlu segera dilakukan, dengan membangun kesadaran pada setiap lapisan masyarakat. Salah satunya adalah dengan membentuk lembaga Warga Peduli AIDS di tiap Kecamatan.

“Pembentukan lembaga Warga Peduli AIDS di Kabupaten Wonogiri sangat penting untuk menyebarluaskan kesadaran mencegah AIDS, dan melakukan tindakan apabila telah terjangkit,” tegasnya.

Penyebaran HIV/ AIDS dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan dan ini tentu sangat mengkhawatirkan imbuhnya.

“Pada awal tahun 2000, terdeteksi pengidap HIV AIDS di Kabupaten Wonogiri, dan sekarang jumlahnya melonjak menjadi 443 orang.”

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri dr. Adhi Dharma, membenarkan data yang disampaikan oleh Wakil Bupati, bahwa jumlah penderita HIV/ AIDS di Kabbupaten Wonogiri total 443 orang, 312 orang masih hidup, dan 131 orang telah meninggal dunia.

Selama ini Orang dengan HIV/ AIDS (ODHA) dikucilkan oleh masyarakat, karena masih belum lengkap informasi yang diterima tentang infeksi ini. Untuk itu sosialisasi dan kampanye perlu terus dilakukan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dengan mengedepankan prinsip Jauhi Penyakitnya, Bukan Penderitanya. Dan sesuai dengan tema peringatan Hari AIDS Sedunia 2018, Saya Berani, Saya Sehat, yang harus diartikan, berani melakukan tindakan untuk mencegah AIDS agar tetap sehat.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Deklarasi Peduli AIDS yang ditandai dengan penandatanganan pernyatakan oleh berbagai komponen masyarakat. (admin-bin)

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.