Cetak e-KTP Bisa Dilakukan Di Kecamatan

Cetak e-KTP Bisa Dilakukan Di Kecamatan

WONOGIRI-Kartu Identitas Penduduk merupakan salah satu pelayanan dasar kependudukan. Hingga tahun 2018 pelayanan KTP  dalam bentuk data eletronik sudah tercetak 103.710 keping. Pencetakan ini masih dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berada di Kota Wonogiri. Kepala Dispendukcapil, Sungkono menyampaikan bahwa pencetakan yang hanya bisa dilakukan di Dinas akan menyebabkan biaya yang ditanggung masyarakat semakin besar. “Jika dihitung biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk memperoleh e-KTP berupa biaya transportasi dari dan ke dinas cukup besar bisa mencapai Rp.2,5 milyar. Oleh karena itu, dalam acara Lounching Gisa pada siang ini (Jumat, 26/10), Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah menyiapkan cetak e-KTP sudah bisa dilaksanakan di kantor kecamatan se-Kabupaten Wonogiri,’ jelasnya. Sungkono menambahkan selain menghemat dalam hal biaya transportasi, masyarakat juga lebih hemat waktu dan tenaga.

Sementara itu, Bupati Joko Sutopo menyampaikan kepada para kepala desa dan perangkatnya untuk membangun basis data kependudukan. Pasalnya, beberapa data menurutnya kurang bisa dipertangungjawabkan. Berdasarkan data, ada 362.015 orang Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (PBI BPJS) yang dibiayai pemerintah. Tetapi yang tepat sasaran ternyata hanya sekitar 79.000 orang.

Hal itu sangat ironis karena uang negara yang seharusnya dimanfaatkan untuk rakyat miskin ternyata digunakan untuk membiayai orang mampu. Penyebab ketidakakuratan data bersumber dari proses pendataan. Oleh karenanya, dilakukan validasi dan verifikasi data agar progam-program pemerintah tepat sasaran. (admin)

 

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.