Bupati Wonogiri Anggarkan Rp 1 milyar bagi Kaum Difabel Wonogiri

Bupati Wonogiri Anggarkan Rp 1 milyar bagi Kaum Difabel Wonogiri

WONOGIRI-Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan dukungan bagi langkah menunjang kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemberdayaan penyandang disabilitas Kabupaten Wonogiri, dengan anggaran sebesar Rp 1 Milyar pada tahun 2019 yang akan datang. Hal tersebut disampaikan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2018, Minggu (2/12/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan menyusul dengan masih minimnya perhatian dan fasilitas pemerintah dalam mendukung aktifitas penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri.

“Kami mohon maaf karena selama ini bentuk perhatian pemerintah terhadap penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri masih sangat kecil, sehingga untuk tahun 2019 kami anggarkan Rp 1 milyar, mendahului anggaran perubahan,” tegas Bupati Wonogiri.

Sejauh ini, di Kabupaten Wonogiri tercatat 8.480 jiwa penyandang disabilitas, terpantau pada proses pembuatan e-KTP. Bentuk perhatian terhadap penyandang disabilitas diantaranya dengan menerbitkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) khusus difabel (SIM D), pelatihan pada berbagai aspek ketrampilan, dan lain-lain.

Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember menjadi momentum untuk mendorong pemenuhan hak-hak difabel di Kabupaten Wonogiri, menciptakan masyarakat Wonogiri peduli difabilitas, mengukuhkan semangat penyandang difabel dalam memperoleh eksistensinya sebagai warga negara yang setara.

Peringatan yang dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Wonogiri diisi dengan konvoi kendaraan khusus difabel, pentas seni tari, group band, dan penampilan aneka kerajinan karya penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri. (admin-bin)

Share with:


Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.