BUPATI WONOGIRI JOKO SUTOPO LAUNCHING PENDIDIKAN GRATIS DI KABUPATEN WONOGIRI

BUPATI WONOGIRI JOKO SUTOPO LAUNCHING PENDIDIKAN GRATIS DI KABUPATEN WONOGIRI

Wonogiri-Bupati Wonogiri Joko Sutopo melakukan launching Pendidikan Gratis di kabupaten Wonogiri yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Jabatan, Senin (30/10). Kegiatan ini dihadiri Forkopimda Kabupaten Wonogiri, Wakil Bupati Edy Santosa beserta Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Acara ini juga menghadirkan ribuan tenaga pendidik dari SD hingga SMP seluruh Kabupaten Wonogiri.

Dalam kesempatan ini, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus yang diberikan kesempatan dan tanggungjawab menwujudkan cita-cita para pendiri bangsa khususnya untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. “Pendidikan dapat dijadikan satu pilar kehidupan sebuah bangsa. Akan tetapi pilar yang seperti apa? Pendidikan yang bagaimana? Yang akan menjadikan generasi-generasi yang berkualitas. Generasi yang agamais tetapi tetap nasionalis. Inilah tantangan berat kita bersama.” Tandas Joko Sutopo.

Lebih lanjut Bupati Joko Sutopo menyampaikan tanggungjawab sosial atas kondisi dunia pendidikan di kabupaten Wonogiri  sangat besar. Tinggal bagaimana aplikasi, implementasi kita untuk mewujudkan itu.

Disisi lain, sebagaimana diketahui bahwa banyak sekali kondisi di Wonogiri yang masih memiliki nilai merah, ada kemiskinan, permasalahan pendidikan, serta rusaknya infrastruktur. Semua persoalan ini akan dapat diselesaikan dengan penerapan kebijakan APBD Kabupaten Wonogiri yang akuntabel dan transparan.

Program Pendidikan gratis merupakan salah satu dari Panca Program Bupati Wonogiri dengan jaminan sistem yang diterapkan akan lebih baik dibanding kabupaten lain.

Bupati Joko Sutopo kembali menjelaskan bahwa Bapak ibu Kepala Sekolah tidak perlu galau, bahwa pendidikan gratis ini harus terselenggara dengan baik tetapi juga berkualitas. Tidak ada artinya jika pendidikan digratiskan apabila kualitasnya terjun bebas. Yang lebih baik lagi jika pendidikannnya gratis, prestasinya kita jaga, monitoring pengawasan kita terhadap tumbuh kembang anak tetap kita amati dan menjadi perhatian khusus terhadap anak didik kita.

“Inilah menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama. Mungkin timbul banyak pertanyaan, spekulasi, dan harus dijawab dengan terstruktur agar spekulasi tidak berkembang menjadi interpretasi yang berbeda dilapangan. Maka kami memohon kepada semua pihak stake holder memaknai kebijakan ini sebagai satu kebijakan yang kita wujudkan bersama sebagai generasi bangsa untuk kita ikut sesarengan mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas kita, pemerintah hadir dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang ditindaklanjuti  aplikasinya di instansi masing-masing.” Lanjut Joko Sutopo.

Pada akhir sambutan, Bupati Joko Sutopo berharap bahwa saat akuntabilitas tata kelola pemerintah sudah kami wujudkan, aspek kemanfaatan sudah kami siapkan pada statistik yang terukur dan terstruktur, maka pada saatnya nanti ada perubahan yang monumental yang ada di Kabupaten Wonogiri.  Saat inilah bagi Joko Sutopo pribadi merupakan sebuah “legacy” (tinggalan) yang dapat ia di lakukan sebagai bentuk ucapan rasa terima kasih dan  penghargaan kepada masyarakat atas kesempatan dan kepercayaannya kepada Joko Sutopo sebagai Bupati Wonogiri.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Siswanto mengatakan bahwa sasaran pendidikan dasar gratis di Kabupaten Wonogiri adalah SD/MI sejumlah 808 sekolah dengan jumlah siswa  79.264 anak.

Sedangkan untuk SMP/MTS Negeri Swasta sebanyak  142 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 49.925 anak. Anggaran yang disiapkan untuk pendidikan dasar gratis pada tahun 2018 senilai Rp. 28,256 milyar.

Pada akhir acara launching ini juga digelar sosialisasi program penghargaan bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu tahun 2017. Sebagaimana diketahui program beasiswa ini menelan biaya APBD Kabupaten Wonogiri Rp. 2,4 milyar. Pembukaan pendaftaran telah dibuka hingga penutupan nanti tanggal 10 November 2017. (humas-kangutis)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.