PANEN RAYA PADI DI GEMANTAR HASILKAN RP 26 JUTA

PANEN RAYA PADI DI GEMANTAR HASILKAN RP 26 JUTA

WONOGIRI – Dusun Bakalan, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri melaksanakan panen raya padi demfarm petroganik dan phonska plus kerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik, Selasa (27/3). Hasil sampel ubinan pada Demplot yang menggunakan pupuk Petroganik, Demfarm, dan Phonska Plus itu diperkirakan mencapai 10,2 ton gabah kering per hektare.

Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa, SH memimpin panen raya padi tersebut. Turut mendamping Manager Petrokimia Gresik Agus Adriansyah, Komandan Kodim 0728/Wonogiri yang diwakili Danramil 02/Selogiri Kapten Inf Sunardi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir. Safuan, Ketua Komisi III Kabupaten Wonogiri, Bambang Sadriyanto, Camat Selogiri Sigit Purwanto, Kepala Desa Gemantar Sunarno, PPL dan Gapoktan.

 Wabup meminta kepada Dinas Pertanian dan produsen pupuk untuk menjaga suplai pupuknya. Tujuannya agar tidak terjadi kelangkaan pupuk di kalangan petani. “Perlu diadakan lebih banyak Demplot. Kalau Demplotnya sukses bisa diikuti petani. Tapi kalau gagal, cari terobosan-terobosan baru lagi,” pintanya.

Sumbangsih sektor pertanian di Kabupaten Wonogiri dalam mendukung kesediaan pangan Jawa Tengah dan Wonogiri cukup baik. Ternyata Wonogiri surplus beras hingga 163.139 ton. “Produksi gabah kita cukup tinggi. Pada tahun 2016 mencapai 424.991 ton gabah kering giling dan pada tahun 2017 mencapai 439.996 ton ada kenaikan 15.005 ton atau 3,53 %,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Safuan.

Demplot yang digarap bersama PT. Petrokimia Gresik di Desa Gemantar, saat pengubinan didapat hasil 10,2 ton per hektare. Untuk satu hektare, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 20 juta. Dengan perhitungan seperti itu, ketika harga gabah saat ini Rp 4.600, didapat angka penjualan total Rp 46 juta per hektare. “Jadi keuntungan bersih sekitar Rp 26 juta. Untuk itu kami berharap demplot bisa dikembangkan,” imbuhnya

Sementara Manager Petrokimia Gresik Agus Adriansya mengatakan bahwa sebuah kehormatan bagi PT. Petrokimia Gresik bisa menjadi penyokong tulang punggung dalam bidang  pertanian khususnya di Kabupaten Wonogiri. “Kami ucapkan terimakasih kepada para petani yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam pengunaan pupuk dari kami dalam bentuk pupuk organik maupun non organik. Kami selalu mengutamakan ketersediaan pupuk terhadap masyarakat, khususnya Kabupaten Wonogiri.” (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.