Respon Cepat BPBD Wonogiri Tangani Bencana

Respon Cepat BPBD Wonogiri Tangani Bencana

Hujan lebat yang terjadi pada hari Minggu, 22 januari 2017 di Kabupaten Wonogiri menjadikan anggota Tim Rescue BPDB Wonogiri bekerja ekstra. Pasalnya, hujan yang disertai angin kencang tersebut mengakibatkan tumbangnya pohon dan mengenai atap gedung TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV, tepatnya di Jalan Nanas 1 Nomor 21 RT04/V, Gerdu, Giripurwo, Wonogiri.

Awalnya, kondisi cuaca di pagi hari cerah. Menjelang siang mendung menyelimuti langit di Kota Wonogiri. Kurang lebih pukul 11.00 WIB hujan pun turun. Derasnya hujan tersebut pun disertai dengan tiupan angin kencang.

Hujan sempat terhenti beberapa jam, kemudian kurang lebih pukul 14.25 WIB kembali air hujan mengguyur dengan derasnya. Akibatnya, pada pukul 16.00 WIB sebuah pohon tumbang dan hampir mengenai atap gedung TK Aisyiyah.

Warga sekitar kejadian pun segera melaporkan hal itu kepada BPBD Kabupaten Wonogiri. Salah satu laporan yang ditujukan pada akun twitter @bpbdkabwonogiri tersebut segera mendapatkan respon. Selang setengah jam kemudian, Tim BPBD Kabupaten Wonogiri, Tim SAR, TNI serta dibantu warga setempat segera menangani bencana alam tersebut.

Kecepatan penanganan ini tidak terlepas dari cepatnya informasi yang disampaikan oleh warga. Saat ini, dengan tekhnologi digital berbagai informasi bisa diteruskan secara cepat. Tiap SKPD di Kabupaten Wonogiri sudah mempunyai akun twitter. Komunikasi antara masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui SKPD terkait cepat terkoneksi.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian pohon tumbang tersebut. Kerugian diperkirakan sekitar 3 juta rupiah.

Selain itu, hujan lebat juga menyebabkan terjadinya tanah longsor. Talud halaman rumah milik Ibu Tanti (67) warga RT03/V Gerdu, Giripurwo, Wonogiri ambrol.

Kecepatan serta ketangkasan Tim BPDB Kabupaten Wonogiri dalam penanganan bencana alam mendapat respon positip dari warga. Terbukti dari postingan beberapa warga melalui akun facebooknya yang mengapresiasi serta ucapan terimakasih kepada Tim.

Penanganan bencana alam sudah menjadi tugas kita bersama. Kecepatan informasi, koordinasi antar SKPD, Tim SAR, TNI serta kebersamaan warga menjadi hal penting dalam antisipasi terjadinya bencana alam.

Hal ini tentunya menjadi perhatian kita bersama. Kepedulian serta kegotong – royongan merupakan hal yang penting, bagaimanapun kebersamaan akan meringankan beban. Jika ada kejadian serupa, masyarakat di Kabupaten Wonogiri kiranya bisa segera melaporkan kepada Bupati Wonogiri melalui Tim reaksi cepat di akun twitter @bpbdkabwonogiri (wan)

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.