DILANTIK, PENGURUS MASJID AGUNG AT TAQWA WONOGIRI

DILANTIK, PENGURUS MASJID AGUNG AT TAQWA WONOGIRI

WONOGIRI – Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH melantik Pengurus Masjid At Taqwa Kabupaten Wonogiri Periode Tahun 2018-2023 di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Kamis (26/7). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Drs. H. Subadi, M.Si menjabat sebagai ketua. Sementara Sekretaris adalah H. Mubarok, S.KM, MM (Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Wonogiri, dan Bendahara dijabat oleh H. Samsul Ma’arif (Nahdathul Ulama).

Membacakan sambutan Bupati Wonogiri, Wabup mengatakan bahwa masjid At Taqwa merupakan masjid agung yang merupakan salah satu simbol bersejarah di Kabupaten Wonogiri. “Sudah selayaknya bersama-sama kita ikut bertanggungjawab untuk menjaga keberadaan masjid, menjadi tempat yang nyaman dalam beribadah, membina iman dan taqwa, serta sebagai sarana pemersatu masyarakat di Kabupaten Wonogiri.”

                Masjid agung At Taqwa merupakan masjid yang terletak di pusat kota Wonogiri. Masjid tersebut dibangun pada zaman sebelum kemerdekaan RI, yaitu tanggal 27 September 1927 oleh Pemerintah Pura Mangkunegaran. Masjid agung tersebut dibangun dengan biaya 1.000 gulden. Masjid Taqwa memiliki tanah seluas 3.600 m2 dan bangunan 1.020 m2 dengan dua lantai yang bangunannya dilengkapi menara.

“Masjid ini menjadi pemersatu masyarakat, karena kumandang adzan-nya mampu bersanding dengan dentang lonceng gereja dan mengingatkan setiap umat untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut masing-masing. Dalam konteks tersebut, kita maknai betapa kehadiran Masjid At Taqwa memiliki arti penting dalam menanamkan sikap kebangsaan, rasa kebersamaan, saling hormati menghormati antar pemeluk agama dan hidup damai dalam harmonisasi yang dilandasi prinsip kebangsaan Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Selanjutnya Wabup mengingatkan kepada segenap pengurus baru masjid At Taqwa yang dilantik, kiranya dapat mengemban tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Menyatu dengan segenap komponen masyarakat di Kabupaten Wonogiri dengan semangat “Sesarengan mBangun Wonogiri”, untuk mewujudkan Wonogiri yang SUKSES. (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.