1005 LEMBAGA PAUD TERIMA BOP PAUD TAHUN 2017

1005 LEMBAGA PAUD TERIMA  BOP PAUD  TAHUN 2017

WONOGIRI_Bupati Wonogiri Joko Sutopo,menyerahkan secara simbolis dana alokasi khusus non fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) tahun 2017 bagi 1005 lembaga PAUD di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan tersebut berlangsung pada acara Sosialisasi dan Penyaluran BOP PAUD, Selasa (25/7) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri, PLH Kejaksaan Negeri Wonogiri, Kepala OPD Terkait, Para Pengawas, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan serta pengajar PAUD.

Drs. Siswanto, M.Pd mengatakan kuota Program BOP PAUD kali ini sebesar 14 Milyar 31 Juta rupiah dari dana APBN. Tiap-tiap anak PAUD memperoleh bantuan 600 ribu rupiah/tahunnya. Dana tersebut disalurkan bagi 1005 lembaga pendidikan PAUD dengan total peserta didik sebanyak 22923. Dengan perincian, TK Negeri 19 lembaga dengan 732 siswa, TK Swasta 491 lembaga dengan jumlah siswa 11727, Kelompok Bermain (KB) 446 lembaga dengan jumlah siswa 9120, Taman Penitipan Anak 7 lembaga dengan jumlah peserta didik 146 anak, serta Satuan Pendidikan Sejenis sebanyak 27 lembaga dengan jumlah peserta didik 643 anak.

Menurut Siswanto jumlah tersebut baru mencerminkan 24% anak usia 0-6 tahun yang masuk pada lembaga pendiidikan usia dini di Kabupaten Wonogiri. Selain itu ada sebanyak 67 lembaga PAUD tidak memperoleh kuota BOP PAUD dikarenakan jumlah siswa kurang dari 12 anak.

Bupati Joko Sutopo pada kesempatan tersebut mengingatkan agar penyaluran dana BOP PAUD tepat sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah. Selain itu terkait dengan lembaga PAUD yang belum tercover BOP PAUD, Bupati akan mengupayakan agar bisa ditutup dengan dana APBD.

“Maka disini pemerintah daerah harus mempunyai inisiatif untuk meyelesaikan masalah lembaga yang tidak dapat dana BOP, dan nanti saya upayakan dana BOP PAUD yang bersumber dari APBD untuk generasi kita di usia dini pada paud yang belum mendapatkan dana BOP.”tandasnya.

Bupati berharap setiap tahunnya Pemkab bisa menjembatani dalam menyampaikan data terbaru PAUD di daerah Wonogiri. Pembaruan data ini sebagai upaya peningkatan layanan pendidikan agar generasi usia dini menjadi generasi yang berkarakter serta berkualitas. (humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.