Pencanangan Kampung Literasi Di Desa Tirtosworo Wonogiri

Pencanangan Kampung Literasi Di Desa Tirtosworo Wonogiri

WONOGIRI_Bupati Wonogiri melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Wonogiri Edi Sutopo,SH M.Si melakukan pencanangan Kampung Literasi di Balai Desa Tirtosworo Kecamatan Giriwoyo, Rabu (24/5).

Pencanangan tersebut sebagai tidak lanjut keberadaan Rumah Baca Sang Petualang yang berkembang di dusun Telogo Bandung Desa Tirtosworo. Rumah baca itu merupakan rintisan Wahyudi, relawan dan pegiat literasi di Desa Tirtosworo. Ia mendorong minat baca anak-anak melalui perpustakaan mini keliling yang ada di dalam gerobak dagangan  “endog dadar” miliknya.

PENCANANGAN KAMPUNG LITERASI DI DESA TIRTOSWORO

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Wakapolres Wonogiri, Kepala OPD terkait, Forkopimcam, Aparat Desa, UPT Disdik Se eks Distrik Batureno, Ikatakan Pustakawan se eks distrik Baturetno, serta masyarakat Desa Tirtosworo.

Melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Wonogiri Edi Sutopo,S.H,M.Si, Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa kemajuan masyarakat tidak lepas dari kualitas sumberdaya manusia , yang salah satunya diperoleh dari aspek pendidikan melalui aktivitas gemar membaca.

PENCANANGAN KAMPUNG LITERASI DI DESA TIRTOSWORO

“segenap pihak perlu mendorong gemar membaca di masyarakat khususnya bagi anak-anak untuk memperkuat kualitas diri sendiri.”ujarnya

Langkah nyata dalam memberikan kemudahan  layanan informasi serta akses pengetahuan

Ia menambahkan keberadaan kampung literasi menjadi satu langkah nyata dalam memberikan kemudahan  layanan informasi serta akses pengetahuan di masyarakat. Bupati juga secara khusus mengapreasiasi para relawan dan pegiat literasi Wahyudi yang telah membentuk embrio kampung literasi di Desa Telogo Bandung. Ia berharap gemar membaca semakin dibudayakan sebagai bagian partisipasi  masyarakat untuk bersama-sama membangun Wonogiri.

PENCANANGAN KAMPUNG LITERASI DI DESA TIRTOSWORO

Pada kesempatan itu secara simbolis diberikan 200 buku bacaan dari Pemkab Wonogiri untuk Rumah Baca Sang Petualang sebagai tanda pencanangan. Warga masyarakat juga diajak sarasehan bersama dengan tema Remen Maos kangge Sesarengan Mbangun Wonogiri.

Sutanto Djosowijatmo,S.H, Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Kearsipan Kabupaten Wonogiri mengatakan selain Sarasehan beberapa kegiatan digelar untuk mendukung pencanangan tersebut.  Panitia  menyelenggarakan  pameran buku, perpustakaan keliling, lomba geguritan, lomba baca puisi, lomba memasak, permainan, lomba mewarnai, lomba K3 antar dusun, serta pemutaran film dokumenter di malam hari. (humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.