Upacara Peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017

Upacara Peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017

Bupati Wonogiri menyematkan Tanda Penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada ASN di Lingkungan Kantor BPN Kabupaten Wonogiri, Senin (25/9).

 

Bertempat di halaman Kantor BPN Wonogiri, digelar upacara peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017, pada hari Senin (15/9). Upacara ini diikuti oleh seluruh pejabat, staf dan karyawan di Kantor BPN Kabupaten Wonogiri. Dalam kesempatan tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo bertindak selaku Inspektur upacara.

Dalam Sambutan Menteri Agraria Dan Tata Ruang sekaligus Kepana Badan Pertanahan Nasional yang dibacakan oleh Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017 adalah “Sertifikasi Tanah dan Penataan Tata Ruang Untuk
Kesejahteraan Rakyat”. Tema tersebut mengandung maksud agar kita semua, baik jajaran Kementerian ATR/ BPN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/ Kota, para stakeholder, serta seluruh lapisan masyarakat, dapat bersatu padu dan ikut berperan aktif dalam menyukseskan berbagai program strategis nasional di bidang agraria/ pertanahan dan penataan ruang yang lebih berkualitas.

Untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang agraria atau pertanahan di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan program Reforma Agraria. Reforma Agraria merupakan suatu proses yang berkesinambungan demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan dalam rangka mencapai kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia. Reforma Agraria merupakan komitmen Pemerintah melalui program legalisasi dan redistribusi tanah seluas sembilan juta hektar yang terdiri dari 600 ribu hektar tanah transmigrasi, 3,9 juta hektar tanah legalisasi aset,
400 ribu hektar tanah bekas HGU/ tanah terlantar/ tanah Negara dan 4,1 juta hektar tanah pelepasan kawasan hutan. Program tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019, sehingga diperlukan upaya serius dan bersungguh-sungguh dari kita bersama untuk merampungkannya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun dan 20 tahun kepada 8 orang ASN di lingkungan Kantor BPN Kabupaten Wonogiri.

Acara peringatan Hari Agraria Nasional Tahun 2017 kali ini dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Kepala BPN Kabupaten Wonogiri Cahyono. (kangutis)

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.