BPBD Provinsi Jateng Gelar Pelatihan Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana Di Kecamatan Kismantoro

BPBD Provinsi Jateng Gelar Pelatihan Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana Di Kecamatan Kismantoro

Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan sambutan pada acara Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana di Kecamatan Kismantoro

 

BPBD Provinsi Jawa Tengah menggelar pelatihan Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana yang dipusatkan di Balai Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri, Senin (25/9). Pelatihan ini diikuti oleh 180 warga di dua desa yaitu Desa Lemahbang dan Desa Bugelan Kecamatan Kismantoro.

Kegiatan Pegembangan Masyarakat Tangguh Bencana di hadiri oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana beserta jajarannya. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah membentuk kemandirian masyarakat Jawa Tengah khususnya yang ada di Kecamatan Kismantoro jika terjadi  bencana alam.

Sebagaimana diketahui bahwa hampir 90% wilayah di Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah rawan bencana. Potensi bencana sangat kompleks mulai dari tanah longsor, banjir, gempa bumi, hingga bencana kekeringan di wilayah selatan Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pengembangan masyarakat tangguh bencana sangat penting sebagai upaya membentuk kemandirian dan edukasi kepada masyarakat bagaimana masyarakat menghadapi sebuah bencana alam. “Dengan bentang wilayah kabupaten Wonogiri yang begitu luas, kemandirian masyarakat sangat mendasar untuk dilatih sehingga tidak tergantung kepada bantuan dari pemerintah melalui segenap perangkatnya. ” tambahnya

Lebih lanjut Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengharapkan agar seluruh peserta pelatihan setelah mendapat pengetahuan tentang menghadapi bencana dapat “gethok tular” memberikan pengetahuannya kepada masyarakat di sekitarnya.(kang utis)

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.