Dialog Interaktif Bupati Wonogiri Beri Gambaran Musrenbang

Dialog Interaktif Bupati Wonogiri Beri Gambaran Musrenbang

Program dialog interaktif Bupati Wonogiri Joko Sutopo melalui Radio Giri Swara Wonogiri merupakan salah satu program rutin Bupati. Acara ini merupakan salah satu kegiatan Dinas Komunikasi Dan Informatika bidang Statistik, Informasi dan Komunikasi khususnya dalam pelayanan pengelolaan aspirasi publik yang tercakup pada tugas pokok dan fungsi seksi Informasi Publik.

Dalam kesempatan dialog yang dilaksanakan hari ini Jumat ( 24/2/2017), Bupati Wonogiri pun menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan Musrenbang di Kabupaten Wonogiri. Di dampingi oleh beberapa OPD terkait, Joko Sutopo menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh warga baik melalui line telpon langsung maupun SMS.

Antusiasme warga masyarakat Wonogiri dalam dialog tersebut cukup bagus. Hal ini terlihat dari banyaknya SMS dan telpon yang masuk. Rima Wahyuni, sebagai penyiar sekaligus pemandu acara pun tak henti – hentinya membacakan SMS tersebut. Sesekali Rima juga membuka line telpon dan berbagai pertanyaan pun disampaikan oleh pendengar Radio Giri Swara Wonogiri kepada Bupati Wonogiri.

dialog interaktif bupati wonogiri

Adapun tema dialog interaktif adalah terkait dengan pelaksanaan musrenbang di Kabupaten Wonogiri. Joko Sutopo mengatakan bahwa dialog interaktif merupakan salah satu media efektif komunikasi antara Pemerintah daerah dengan warga. Musrenbang tentunya harus dimaknai bahwa semua program – program yang akan dilaksanakan oleh pemda harus direncanakan dengan baik. Alhamdulillah, pelaksanaan musrenbang di Wonogiri bisa berjalan sesuai dengan penjadwalan yang sudah ditetapkan.

Representasi pertanggungjawaban atas amanah masyarakat kepada pemerintah daerah adalah diwujudkan dalam Panca Program. Diberbagai kesempatan, dalam sambutannya Bupati Wonogiri selalu menekankan serta menjelaskan bagaimana Panca Program tersebut berjalan. Tahun 2016, pembangunan baik infrastruktur fisik maupun sosial ekonomi sebagian sudah terlaksana. Tentunya hal ini belum bisa dimaknai sebagai sebuah makna keberhasilan utuh, dimana proses pembangunan masih akan terus dilanjutkan agar harapan masyarakat Wonogiri terwujudkan sebagaimana mestinya.

Joko Sutopo disetiap kesempatan berharap doa dan dukungan masyarakat Wonogiri dalam mengawal proses pembangunan. Peran serta masyarakat utamanya dalam proses perencanaan pembangunan sangat penting. Masyarakat diharapkan mampu mengapresiasikan perencanaan tersebut dan berperan aktif dalam Musrenbang baik di tingkat Desa atau Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten.

Joko Sutopo juga menekankan bahwa anggaran pembangunan melalui APBD merupakan anggaran dari masyarakat, maka tata kelolanya juga kami fokuskan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Manakala masih ada program yang belum terlaksana, ini merupakan satu fase proses dimana dalam perencanaan dan pelaksanaannya melalui kajian serta penetapan dalam skala – skala prioritas program pembangunan.

Melalui musrenbang, akan didapatkan satu gambaran lebih konkrit apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Selain itu, juga memberikan gambaran lebih riil mengenai apa yang menjadi harapan masyarakat. Dari usulan itu nantinya akan kita sinergikan dengan Panca Program yang kemudian dirasionalisasikan dengan ketersediaan anggaran. Sehingga akan terwujud keberhasilan yang terukur serta dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. (Dng_Hum)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.