Bupati Wonogiri Joko Sutopo Berkomitmen Anggarkan Rp. 2 Milyar Per Tahun Untuk Atasi Kekeringan Di Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo Berkomitmen Anggarkan Rp. 2 Milyar Per Tahun Untuk Atasi Kekeringan Di Wonogiri

Wonogiri_Bupati Wonogiri Joko Sutopo berkomitmen menganggarkan Rp. 2 milyar per tahun untuk mengatasi bencana kekeringan di kabupaten Wonogiri utamanya wilayah selatan. Hal ini terungkap pada saat gelar sarasehan dengan perwakilan warga masyarakat dari tiga kecamatan, yaitu kecamatan Paranggupito, kecamatan Eromoko dan kecamatan Giritontro di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Wonogiri, Jumat (24/2).

Pada sarasehan ini, Bupati Wonogiri Joko Sutopo didampingi Kabag Humas Setda Kabupaten Wonogiri Haryanto, Camat Giritontro, Camat Eromoko, serta tokoh masyarakat Sutarno SR.

Kekeringan di wilayah selatan kabupaten Wonogiri merupakan satu permasalahan klasik yang setiap tahun terjadi dan belum ada kebijakan yang mampu menyelesaikan secara permanen.

bupati wonogiri joko sutopo

“71 tahun Indonesia merdeka kenapa masih ada masalah kekeringan.  Hal ini sangat ironis mengingat dana kita ada, sumber air juga tersedia. Sehingga tinggal masalah teknologinya yang belum terkoordinasi untuk diterapkan secara tepat untuk mengatasi kekeringan ini” jelas Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

“Maka tergantung niat kita bersama bagaimana agar dengan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kekeringan ini. untuk itu harus diawali dari survey secara intensif terkait dengan kondisi wilayah tersebut,  serta potensi pemanfaatan sumber air yang ada. Di APBD Kabupaten Wonogiri sudah tersedia anggaran setiap tahun minimal Rp. 2 milyar untuk solusi air bersih berbasis teknologi . Teknologi ini nantinya harus berbasis teknis bukan berbasis tangki.” terang Joko Sutopo.

Ia menambahkan bahwa yang terjadi selama ini untuk mengatasi kekeringan adalah dengan bantuan air tangki yang hanya mengatasi masalah secara berkala bukan permanen.

“Model bantuan tangki membuat masyarakat menjadi kerdil inovasi karena mereka diberi harapan mendapat bantuan. Di era saya nanti akan dirubah semua, mindset harus berubah, pemikiran harus menuju modern, pada akhirnya pemanfaatan potensi yang ada disinergikan dengan program pemerintah yang pada akhirnya masyarakat nanti bisa menikmati solusi air bersih berbasis teknis bukan lagi berbasis tangki, bukan berbasis pencitraan, tetapi kerja nyata yang benarberpihak kepada warga masyarakat.”pungkas Joko Sutopo.

Dalam acara ini Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga menyerahkan bantuan alat teknologi pertanian berupa 4 hand traktor, 10 pompa air dan 1 mesin combine harvester.

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.