Bupati Wonogiri Serahkan Bantuan 12,305 Ton Beras Ke Giritontro

Bupati Wonogiri Serahkan Bantuan 12,305 Ton Beras Ke Giritontro

WONOGIRI_ Dalam upaya mengantisipasi rawan pangan di wilayah Wonogiri Selatan khususnya Kecamatan Giritontro, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyerahkan bantuan beras sejumlah 12,305 Ton kepada warga masyarakat Desa Bayemharjo, Tlogosari, Jatirejo, Ngargoharjo dan Tlogorejo.

Dalam sambutannya, Bupati Wonogiri menyampaikan bahwa bantuan beras ini merupakan stimulan bagi masyarakat Giritontro agar warga memiliki kreatifitas untuk mengatasi kondisi alamnya.

“Jadi bantuan ini bukan solusi mengatasi permasalahan kerawanan pangan ini hanya stimulan untuk memancing kreativitas, bagaimana masyarakat mampu mengatasi kondisi alam yang ada,” tegasnya.

Sejumlah bantuan 12,305 Ton diserahkan Bupati Wonogiri dalam kegiatan yang berbeda. Sebelumnya telah diserahkan sejumlah 6,705 ton beras kepada masyarakat Bayemharjo dan Tlogosari bersamaan dengan kegiatan Sambang Kecamatan di Giritontro pada 28 Desember 2016 lalu. Sedangkan pada hari ini (13/1) Bupati Jekek menyerahkan sejumlah 5,600 ton kepada sejumlah 400 KK di Desa Jatirejo, 405 KK di Desa Ngargoharjo dan 315 KK di Desa Tlogoharjo.

Menurut Camat Giritontro, Joko Waluyo, S.IP.,M.Hum kerawanan pangan yang terjadi di wilayah Giritontro disebabkan karena curah hujan tinggi sehingga warga masyarakat yang mayoritas petani singkong mengalami kesulitan dalam mengolah singkong untuk dijadikan gaplek. Di satu sisi secara topografis wilayah Giritontro hampir tidak memiliki sawah. Dan jika ada sawahpun hanya mampu 1 kali panen dalam setahun. Kondisi ini menuntut adanya ketersediaan pangan bagi masyarakat Giritontro.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Ir. Safuan,MM saat ini kondisi stok cadangan pangan masih terdapat sejumlah kurang lebih 33,16 ton gabah khusus untuk kerawanan pangan non bencana. Dan 100 ton jatah bantuan beras dari Pusat untuk Kabupaten/Kota sebesar 100 ton guna antisipasi terjadinya kerawanan pangan akibat bencana alam.Dari aspek ketersediaan beras tahun 2015 Kabupaten Wonogiri mengalami surplus sebesar 134.434 ton beras sedangkan hingga bulan November 2016 terdapat surplus 159.000 ton beras dengan penambahan lahan pertanian seluas 3700 hektar. (Humas_yuni)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.