oleh

WONOGIR RAIH WTP KELIMA KALI BERTURUT-TURUT

WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten Wonogiri terima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan Keuangan (BPK) RI. Penghargaan tersebut merupakan WTP yang ke-5 kali yang diraih Pemkab Wonogiri secara berturut-turut. Dengan demikian, terhitung sejak tahun 2016, 2017, 2078, 2019, dan 2020 Pemkab Wonogiri meraih opini WTP.

Perwakilan Menteri Keuangan RI datang ke Kabupaten Wonogiri untuk menyerahkan piagam dan plakat sebagai penghargaan atas keberhasilan Pemkab dalam meraih predikat WTP. “Terkait LKPD dimana tanggal 18 Mei lalu telah disampaikan hasilnya oleh kelala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Pemkab Wonogiri beraih opini WTP. Namun karena dalam situasi covid-19, belum bisa diserahkan piagamnya. Biasanya kan dari Pemkab yang datang ke kantor BPK. Jadi sekarang ini dari pewakilan Menkeu RI yang datang ke daerah untuk menyerahkan,” terang kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso di ruang kerja Plt Wakil Bupati Wonogiri, Kamis (22/10).

            Dirinya mewakili Menkeu Ri menyerahkan piagam dan plakat WTP kepada Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH. Sugiarso juga memberikan apresiasi yang tinggi karena Pemkab Wonogiri mampu meraih WTP lima kali berturut-turut. Menurutnya, ada empat kriteria penilaian dalam mendapatkan WTP. “Yakni kesesuaian dengan standar-standar pelaporan keuangan, kelengkapan pelaporan disertai bukti-bukti yang cukup, kesesuaian dengan peraturan pemerintah atau regulasi yang ada, dan konsistensi kepatuhan unit-unit internal Pemkab.”

Esy mengungkapkan jika Kesuksesannya tak lepas dari hubungan baik yang dijalin dengan lembaga legislatif, dukungan dari seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat Wonogiri. “Itulah yang membuat Wonogiri bisa meraih WTP lima kali berturut-turut,” ujarnya.

Oleh karenanya, dia mengucapkan syukur dan penghargaan yang luar biasa. Selama lima tahun diberi amanah mempimpin Wonogiri, pihaknya mampu menjalani dengan baik dengan bukti predikat WTP.

Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri yang menjabat saat ini dilantik sejak 17 Februari 2016 lalu. Predikat WTP tidak lepas dari kekompakan dan kebersamaan para pemimpin. Mereka ditunjang oleh perangkat daerah yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan masing-masing.

“Berarti kepemimpinan kepala daerah sangat solid. Kalau solid dan bekerja secara konsiten, saya yakin tahun depan kembali meraih WTP. Harus mempertahankan kualitas kinerja. Penghargaan ini memotivasi Pemkab Wonogiri untuk terus meningkatkan upaya membangun akuntabilitas di tahun-tahun mandatang,” pesannya. (est)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama