Bupati Wonogiri Ajak Tingkatkan Inovasi Guna Menambah Penghasilan Masyarakat Kismantoro

Bupati Wonogiri Ajak Tingkatkan Inovasi Guna Menambah Penghasilan Masyarakat Kismantoro

WONOGIRI_Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak masyarakat Kecamatan Kismantoro  untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi dan terobosan dalam menambah penghasilan guna mengatasi kemiskinan yang ada.

Ajakan ini disampaikan saat memberikan pengarahan kepada masyarakat Desa Lemahbang dan Kelurahan Gesing bersamaan dengan acara Penyerahan Beras Rawan Pangan Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten Wonogiri,Kamis (23/2) bertempat di Balai Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri.

Dalam acara tersebut Bupati Wonogiri menyerahkan sejumlah 7.490 kg beras kepada 1.498 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang terdiri atas 601 RTM di Desa Lemahbang dan 897 RTM di Kelurahan Gesing yang masing masing KK menerima 5 kg beras.

“Bantuan beras ini tidak bisa jadi jalan keluar permanen ini hanya bersifat jangka pendek sebagai salah satu upaya mengatasi kemiskinan. Perlu ada inovasi, terobosan dan kreatifitas agar kemiskinan bisa dikurangi,” terangnya.

Untuk itu Bupati Joko Sutopo menawarkan adanya kesempatan bagi masyarakat Desa Lemahbang untuk menjadi Desa Sentra Cabai seperti halnya Desa Ngroto yang telah berhasil Panen Raya Cabai.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir.Safuan, tahun 2017 ini Kabupaten Wonogiri mendapatkan alokasi dari dana APBN  sebesar 900 juta untuk pengembangan cabai seluas 30 hektar di wilayah Kismantoro.

Masing- masing hektar dialokasikan 30 juta yang diwujudkan dalam bentuk bibit dan peralatannya. Dengan menjadikan Kecamatan  Kismantoro sebagai wilayah Sentra Cabai diharapkan akan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat Kismantoro sehingga menjadi solusi permanen dalam mengatasi kemiskinan.(yuni_humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan