LIBUR LEBARAN, PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI WONOGIRI TETAP DIGENCARKAN

LIBUR LEBARAN, PENYEMPROTAN DESINFEKTAN DI WONOGIRI TETAP DIGENCARKAN

WONOGIRI – Aksi penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan virus covid-19 ternyata terus digencarkan di Wonogiri. Penyemprotan masih saja berlanjut hingga sekarang. Bahkan aksi yang dilaksanakan oleh tim gabungan itu tidak mengenal hari libur. Buktinya saat tanggal merah, yakni Lebaran hari kedua, Senin (25/5) aksi itu tetap digelar.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri selama masa Lebaran menggencarkan aksi penyemprotan desinfektan di sepanjang jalan dan fasilitas-fasilitas publik Kabupaten Wonogiri. Penyemprotan disinfektan secara serentak sebagai upaya pencegahan penularan wabah COVID-19 dilaksanakan oleh gabungan Polres Wonogiri, PMI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri yang dipimpin Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Hal itu penting karena Wonogiri berada di wilayah perbatasan antarprovinsi Jateng-DIY dan Jateng-Jatim. Dengan penyemprotan tersebut, penyebaran virus dari daerah lain diharapkan dapat terputus.

Tim diberangkatkan dari depan Mapolres Wonogiri menuju Wuryantoro disambut oleh Forkompincam Wuryantoro serta PMI relawan Wuryantoro. Penyemprotan dengan sasaran dan rute dari Pasar Wuryantoro- jalan raya sepanjang Wuryantoro–Mlopoharjo, SPBU,  Mapolsek Wuryantoro, Koramil, Puskesmas dan kantor Kecamatan Wuryantoro.

Selain melakukan penyemprotan, petugas juga mengimbau masyarakat di sepanjang jalan untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Selain itu, mereka diminta selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antarmanusia (physical distancing). “Itu sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona,” katanya.

Sebelumnya, aksi penyemprotan dilakukan tanggal 22 Mei lalu dilakukan di sepanjang jalan dan titik-titik penting. Antara lain jalan Polres-Pasar Kota Wonogiri, Perempatan Ponten, Shelter Bus Agraria, Jembatan Jurang Gempal, Kejaksaan Negeri Wonogiri, hingga Alun-alun Wonogiri. Selanjutnya, di hari Sabtu (23/5) juga dilakukan patroli berskala besar bersama TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri. Patroli dihadiri Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, Kasatpol PP Wonogiri Waluyo, dan kepala Dishub Wonogiri Ismiyanto.

“Kegiatan malam ini terbagi menjadi empat kelompok. Yakni kelompok satu melaksanakan patroli di sekitar Wonogiri kota, kelompok dua berpatroli dari kota menuju Kecamatan Purwantoro, kelompok tiga berpatroli dari kota menuju Kecamatan Pracimantoro, dan kelompok empat dari kota menuju Kecamatan Giriwoyo,” katanya.

Tujuannya untuk mengantisipasi konvoi, kerumunan masyarakat, serta ancaman kriminalitas. Dia juga berpesan untuk memberi imbauan secara humanis apabila ada masyarakat yang menyalakan petasan. (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.