SIBAPER, APLIKASI INFORMASI PERKARA PERDATA BAGI MASYARAKAT WONOGIRI

SIBAPER, APLIKASI INFORMASI PERKARA PERDATA BAGI MASYARAKAT WONOGIRI

WONOGIRI – Ivonasi dan terobosan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam memberikan pelayanan publik dan  administrasi pemerintahan makin gencar di Wonogiri. Pada jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri, layanan administrasi kependudukan, sudah menerapkan aplikasi online yang melayani sistem adminduk. Sistem layanan perijinan, informasi layanan rumah sakit, dan sistem pengaturan kinerja pegawai yang berbasis aplikasi. Di jajaran koordinasi horizontal, Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri juga melakukan terobosan dengan me-launching Aplikasi SIBAPER atau Sistem Informasi  Bagian Perdata.

“Terobosan dari Kabupaten Wonogiri ini merupakan aplikasi yang memuat informasi perkara perdata dan berbasis android yang dapat diunduh di google play store secara gratis dengan menggunakan keyword Sibaper,” terang Ketua PN Wonogiri Mohammad Istiadi, SH, MH saat launching dan sosialisasi aplikasi SIBAPER di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Senin (9/3).

Ditambahkan bahwa apilkasi ini mempermudah masyarakat mencari keadilan di bidang perdata. Letak daerah di Wonogiri yang jauh-jauh, lanjutnya, dengan adanya aplikasi berbasis android ini bisa mempersingkat waktu, biaya dan tenaga. Sebelum menuju ke PN, bisa melihat informasi dan syarat-syarat yang diperlukan di aplikasi. “Jadi datang ke PN syarat nya sudah terpenuhi semua, sehingga bisa langsung diproses. Jadi dapat membantu masyarakat Wonogiri dalam mengurus hak-hak pribadinya,” imbuhnya.

Menambahkan yang disampaikan Ketua PN Wonogiri, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyambut baik diluncurkannnya aplikasi baru ini. Dengan adanya sistem aplikasi berbasis android ini, makin menunjukkan komitmen PN dalam memberikan pelayanan berbasis transparansi, efiesiensi, tepat sasaran, dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan, khususnya pihak-pihak berperkara perdata. “Kondisi ini menunjukkan komitmen bersama, kalau beberapa hari lalu Kejaksaan Negeri Wonogiri meluncurkan program Gajah Mungkur atau Gandeng Jaksa Hindari Korupsi Uang Rakyat, maka kita maknai bahwa kondisi ini merupakan kominten pihak-pihak vertikal dan horizontal menerapkan basis TI untuk transparansi dan mempermudah pelayanan,” tambah Bupati.

Menurutnya, Wonogiri memiliki letak geografis yang sangat ekstrim, jarak terjauh dari titik pusat pemerintahan mencaoai 64 km. “Bayangkan, bila pihak-pihak yang berperkara kalau harus jauh wirawiri, maka bisa baper (bawa perasaan, red) beneran. Maka yang terjadi, ada anggapan di masyarakat kalau  kerja dan kinerja pemerintah tidak professional. Padahal hanya terjadi ketidakpahaman masyarakat saja. Apliasi ini mempermudah kita, tidak  perlu wirawiri smpai PN. Hanya perlu sinyal internet yang baik,” imbuhnya.

Saat bicara sistem IT, ada kendala-kendala yang dihadapi. Di antaranya belum semua masyarakat paham apa yang namanya IT, dan banyak masyarakat punya HP tapi mungkin belum berbasis android. Selanjutnya juga masalah sinyal mengingat geografis Wonogiri yang bergunung-gunung. Bupati pun meminta para Kepala Desa (Kades) memfungsikan ruang-ruang publik untuk mensosialisasikan progam ini di tengah masyarakat. “ Saat sistem sudah disiapkan, masyarakat belum melek terhadap teknologi, maka Kades jadi tangan panjang dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.”

Pada akhirnya, imbuh Bupati, masyarakat adalah pihak yang sangat diuntungkan dengan berbagai layanan online, dan pemanfaatan aplikasi program tersebut. Tujuannya jelas, yaitu untuk memenuhi unsur efisiensi, kecepatan, dan transparansi yang mendasari itu semua. Ada berbagai keuntungan lain yang dapat dipetik dari pemanfaatan aplikasi, diantaranya mencegah pungli dan korupsi.

Sementara aplikasi SIBaPer  senidi memuat 12 fitur yang merupakan seluruh informasi di bagian kepaniteraan perdata yang terintegrasi dalam satu sistem. Keduabelas fitur tersebut mneliputi pendaftaran perkara, jadwal sidang, SIPP, Website PN Wonogiri, e-court, regulasi, persyaratan, contoh surat, biaya perkara, direktori putusan, pelayanan hukum, dan delegasi. (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.