KE WONOGIRI, GUBERNUR CICIPI KERIPIK PELEPAH PISANG

KE WONOGIRI, GUBERNUR CICIPI KERIPIK PELEPAH PISANG

WONOGIRI – Dalam kunjungan kerja ke Wonogiri, Rabu (19/2) pagi,  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mampir mengunjungi destinasi wisata baru di Wonogiri, yakni Kitagawa Pesona Bali. Tempat tersebut berlokasi di Patoman RT 2 RW 4, Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Kedatangan orang nomer satu di Jawa Tengah ini disambut oleh Suparno, sang pemilik yang merupakan warga asli Wonogiri yang telah sukses membangun bisnis di Jakarta.

Sejumlah kesenian ditampilkan guna menyambut Gubernur. Ada karawitan dari siswa SDN 1 Sempukerep binaan Yayasan Tawang Ngumandang, tari ketek ogleng dari siswa SMPN 3 Sidoharjo dan kesenian jJimbe dari Wonogiri Jimbe Community.  Ikut pula menyambut Camat Sidoharjo Sarosa, Kapolsek Sidoharjo AKP Sumitro, perwakilan Koramil Sidoharjo, Kasatpol PP Kabupaten Wonogiri Waluyo, mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo, dan tamu undangan lainnya.

“Wisata disini konsepnya tempat wisata ramah lingkungan. Dibangun dengan bernuansa Bali dengan konsep pertanian organik Negeri Sakura, Jepang. Jadi di sela-sela gazebo, kita tanami berbagai jenis sayuran organik,” kata Suparno di hadapan Gubernur.

Nama Kitagawa sendiri diambil dari nama kelompok artis di Jepang. Kitagawa sendiri kalau dalam bahasa Jawa diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti kita bawa. “Nama tersebut pun sudah saya  daftarkan di Hak Atas Kekayaan Intelektual.”

Gubernur berkesempatan mencicipi cemilan khas, yakni keripik dari pelepah pohon pisang dan bunga pisang. Kuliner unik tersebut merupakan hasil kreativitas pemilik usaha Mamuma Group dari Kecamatan Baturetno. Adalah Sari Noviatsih, warga Dusun Batu Tengah RT 1 RW 10 Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Wonogiri yang piawai menyulap bahan “sampah” menjadi aneka kuliner maknyus menggugah selera. Dibilang unik karena bahan yang digunakan tidak lazim, namun aman dan sehat dikonsumsi. “Sebentar lagi juga akan ada keripik bonggol pisang nih,” candanya.  (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.