VERAWATI JOKO SUTOPO : PKK BUKAN SOSIALITA

VERAWATI JOKO SUTOPO : PKK BUKAN SOSIALITA

WONOGIRI – Sebanyak 294 ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa/Kelurahan se-Wonogiri mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas, Jumat (31/1) di gedung PGRI Wonogiri. Seperti tertuang dalam hasil Rakernas VIII tahun 2015 yang berbunyi bahwa ketua TP PKK di Desa dijabat oleh istri/suami Kepala Desa dan di Kelurahan dijabat oleh istri/suamu Kepala Kelurahan. Untuk diketahui, sebanyak 186 orang dari 294 orang ketua TP PKK Desa/Kelurahan merupakan ketua baru.
“Sejumlah 186 ketua TP PKK ini baru, dimana bulan Desember kemarin Kepala Desa nya baru dilantik oleh Bupati. Sisanya ketua lama,” ungkap Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, SH.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bagi Ketua TP PKK di tingkat Desa/Kelurahan. “Supaya dalam pelaksanaan tugas, fungsi, dan perannya dalam pembangunan dan manajemen partisipatif program pemberdayaan perempuan dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna.”
Materi disampaikan oleh Ir. Siti Muchalimah, MM tentang kelembagaan PKK dan Hadir, S.Pd, M.Pd (dari TA P3MD Wonogiri) tentang peran PKK dalam proses perencanaan program permberdayaan perempuan di Desa/Kelurahan.
Sementara pengarahan disampaikan ketua TP PKK Wonogiri drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc guna membekali pengetahuan dan keterampilan bagi mereka. Menurutnya, PKK itu bukan kelompok sosialita, yang sekedar berkumpul-kumpul atau arisan saja. “Tapi program-programnya juga harus bermanfaat serta tepat sasaran. Kurangi kegiatan yang bersifat seremonial, ” imbuhnya.
Untuk terjun di PKK,tambah Verawati, syaratnya harus ikhlas dan tanpa pamrih. (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.