688 PNS DI WONOGIRI PENSIUN TAHUN INI

688 PNS DI WONOGIRI PENSIUN TAHUN INI

WONOGIRI – Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Wonogiri yang pensiun setiap tahunnya tergolong tinggi. Pada 2018, misalnya, ada 540 pegawai pensiun. Pada 2019, dari jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri  (BUP) diperkirakan 623 pegawai dalam realisasinya menjadi 679 pegawai. Pada tahun 2020 ini sebanyak 688 pegawai memasuki masa pensiun.

          “Dari 688 pegawai yang pensiun pada 2020 ini, terdiri atas 224 tenaga bidang teknis, 9 pegawai bidang kesehatan, dan 455 pegawai bidang pendidikan,” terang Kepala Badan kepegawaian Kabupaten Wonogiri, Drs. Haryono, MM saat acara pembekalan bagi PNS di lingkungan Pemkab Wonogiri yang akan memasuki masa purna,di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Kamis (16/1).

           Ditambahkan bahawa di tahun 2021 diperkirakan ada 617 pegawai pensiun, dan tahun 2022 menjadi yang tertinggi yakni 718 pegawai. Kondisi ini tentu saja menimbulkan keprihatinan tersendiri, mengingat moratorium dari Pemerintah Pusat yang membatasi jumlah penerimaan pegawai baru. ‘Dari 688 yg akan pensiun tahun ini, ada formasi lagi untuk CPNS 2020. Tapi kami belum yakin ini tepat waktu, karena yang kemarin tes juga belum ada kejelasan.”

           Khusus untuk para pensiunan, BKD berusaha seoptimal mungkin memberikan pelayanan untuk yang pensiun, terutama Taspen atau Tabungan Pensium.  “Mohon titip, selama mengurusi pensiun ini, kami ingatkan jika tidak ada pembiayaan apapun juga. Selama ini banyak telepon dan aduan banyak yang tertipu. Kami menggandeng PT. Taspen dan Bank Jateng untuk mengurus kepreluan para pensiunan ini,” ungkapnya.

          Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH mengungkapkan apresiasinya kepada ratusan PNS yang akan pensiun. “Harus disyukuri, panjenengan semua melalui masa pensiun ini dengan baik. Banyak pensiunan di luar sana yang tengah perjalanan tersandung persoalan. Jadi panjenengan ini sangat beruntung,” katanya

            Ditambahkan bawah PNS yang sudah mengabdi puluhan tahun  puntuk Wonogiri, telah memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi Wonogiri. “Contoh kecil saja, selama masa kepemimpinan kami, empat tahun berturut-turut mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian, ini merupakan salah satu  kerja keras panjenengan semua selama mengabdi. Jadi apa yang panjenengan lakukan selama ini menghasilkan prestasi.”

           Wabup menambahkan jika masa pensiun bukan akhir dari segalanya. Pemikiran da ide-ide masih dibutuhkan di tengah masyarakat. “Sekarang ini sebentar lagi penjenengan tinggal menikamati masa pensiun, pesan saya harus terus  berinovasi dan berkarya mesti sudah pensiun,” imbuhnya.

             Bupati Wonogiri, Joko Sutopo berpesan bahwa  tugas memang telah selesai secara formil, tapi mereka punya tanggung jawab sosial di masyarakat yang belum selesai. “Ada awal, ada akhir. Tapi ilmu, pengalaman, ketokohan, tetap harus  dicurahkan dan berkontribusi dalam sesarengan Mbangun Wonogiri dimanapun panjenengan berada.” (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.