KPPN SURAKARTA LAUNCHING LAYANAN MOBILE DI WONOGIRI

KPPN SURAKARTA LAUNCHING LAYANAN MOBILE DI WONOGIRI

WONOGIRI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta meluncurkan layanan mobile di Wonogiri. Peluncuran dilakukan oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo di pendopo rumah dinas Bupati, Selasa (8/10). Layanan mobile ini merupakan inovasi baru dalam upaya memudahkan pelayanan pada satuan kerja yang mengelola dana dari APBN.
Sulaimansyah, Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi mengatakan bahwa layanan ini sebagai inovasi KPPN Surakarta untuk mendekatkan layanan pada Satuan Kerja (Satker) yang ada di Wonogiri. “Jadi melalui layanan mobile bisa menjembatani satker mitra KPPN di Wonogiri dapat lebih cepat melakukan pencairan atau melaksanakan anggaran. Jadi tidak perlu datang ke Surakarta. Ini untuk kemudahan kecepatan akses satker dalam penyerapan anggaran bersumber APBN,” katanya.
Alokasi APBN di pemkab Wonogiri sebesar Rp 626 miliyar dan yang sudah berhasil diserap 80,12 persen. “Hasil ini tertinggi di Jawa Tengah. Sementara Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 67,4 miliar, sudah disalurkan 25,97 persen. Dana desa sudah disalurkan 100 persen,” imbuhnya.
Sementara Bupati Wonogiri memberikan apresiasi atas upaya KPPN dalam mengembangkan inovasi terkait pelayanan dana APBN. “Kami mengapresiasi terkait peluncuran layanan mobile KPPN tersebut. Di tahun 2019 ini Wonogiri yang dianggap tercepat dalam penyelesaian-penyelesaian kewajiban, diharapkan menjadi hal positif bagi semuanya. Dengan adanya layananan mobile ini, saya yakin ada yang sepakat dan tidak sepakat. Tapi bagi kami, hal ini merupakan salah satu efisiensi. Tidak hanya efisien tapi juga meminimalisir transport.”
Selama ini, dana APBN merupakan salah satu komponen penggerak ekonomi di daerah sehingga harus dikelola dengan baik. Dana bersumber dari APBN sangat penting dalam menunjuang program kerja. Sehingga keberadaan dana tersebut harus dimaksimalkan demi kemajuan Wonogiri.
Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula piagam Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan RI kepada Bupati Wonogiri. Penghargaan WTP ini merupakan kelima kalinya secara berturut-turut bagi Wonogiri. “Seharusnya penghargaan ini diserahkan di Jakarta, tapi ada tugas baru untuk kami bertemu Bupati se-Jawa Tengah untuk menyerahkan piagam WTP ini ke daerah masing-masing,” imbuh Sulaimansyah. (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.