BUPATI WONOGIRI JOKO SUTOPO AJAK PERANGKAT DAERAH TINGKATKAN KINERJA

BUPATI WONOGIRI JOKO SUTOPO AJAK PERANGKAT DAERAH TINGKATKAN KINERJA

Wonogiri – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak segenap perangkat daerah meningkatkan kinerja instansi pemerintah. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam upacara luar biasa tanggal 17 September yang digelar di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (17/9). Pemerintah telah membangun sebuah penilaian terhadap kinerja instansi pemerintah melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP). Bupati Joko Sutopo menambahkan Indikator kinerja perangkat pemerintah tersebut terintegrasi dari perencanaan, penganggaran, dan pelaporan, sekaligus sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi yang terus dilakukan.

Catatan panjang jejak rekam kinerja jajaran pemerintahan di Kabupaten Wonogiri semenjak awal SAKIP diberlakukan tahun 2012, menunjukkan progres yang terus menanjak. Diawali dengan kategori C semenjak tahun 2012 hingga tahun 2015. Pemerintah Kabupaten Wonogiri berada pada kategori C dengan interpretasi Kurang, dan perolehan nilai di bawah angka 50. Kondisi ini tentu menjadi keprihatinan yang kemudian mendorong keinginan untuk menghadirkan kinerja perangkat pemerintah yang semakin baik. Berkat harmonisasi pada tubuh seluruh jajaran pemerintahan di Kabupaten Wonogiri menghantarkan pada capaian yang signifikan, yaitu pada tahun 2016 pelaporan kinerja Kabupaten Wonogiri mencapai kategori CC, interprestasi Cukup, dan memperoleh nilai 58,89. Perkembangan yang semakin baik dicatatkan pada tahun berikutnya, Tahun 2017 terkategorikan B (Baik) dengan nilai 61,91. Dan tahun 2018 semakin kokoh dengan kategori BB nilai, 70,43. Posisi ini menempatkan Kabupaten Wonogiri pada peringkat empat kinerja terbaik se-Provinsi Jawa Tengah, dan posisi pertama di wilayah Solo Raya.

Di akhir kegiatan upacara, Bupati Joko Sutopo menyerahkan hasil penilaian akuntabilitas kinerja kepada 36 OPD, dengan rincian sebelas OPD dengan nilai BB, dua puluh tiga OPD dengan nilai B serta dua OPD dengan meraih nilai CC. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.