Pemkab Wonogiri Siap Gelar Pilkades Serentak Tahap III

Pemkab Wonogiri Siap Gelar Pilkades Serentak Tahap III

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten Wonogiri siap menggelar Pilihan Kepala Desa Serentak Tahap III Tahun 2019. Pilkades ini akan memilih Kepala Desa yang kosong karena telah usai masa baktinya pada pertengahan tahun lalu.

Kesiapan ini ditandai dengan gelar Dekrarasi Damai Dalam Rangka Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap III Tahun 2019 di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Senin (16/9). Deklarasi di hadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, dan Unsur Forkopimda Kabupaten Wonogiri serta seluruh calon kepala desa, panitia pilkades dan forkompimcam Se-Kabupaten Wonogiri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Suharno menyampaikan Pilkades tahap ke-3 tahun ini diikuti oleh 462 calon kepala desa dari 168 desa di Kabupaten Wonogiri yang mengikuti pemilihan kades baru. Fakta menarik juga datang dari pemilihan kepala desa serentak tahun ini, bahwa ada 29 pasangan suami istri (Pasutri) yang memilih untuk berkompetisi di pemilihan kepala desa tahun ini. Pilkades tahap ketiga Kabupaten Wonogiri akan serentak diadakan pada 25 September 2019.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, masyarakat¬† di Kabupaten Wonogiri telah cukup dewasa dalam berdemokrasi dengan melihat pengalaman yang telah lalu seluruh gelar pemilihan umum juga berjalan dengan aman dan damai. “Harapan kita bersama bahwa Pilkades Serentak Tahap III dapat berjalan aman, damai dan sukses. Siapapun yang terplih menjadi Kepala Desa harus bisa mengemban amanat, bisa menerapkan manajerial para perangkat desa, meningkatkan SDM yang akan membawa peningkatan kesejahteraan desa masing-masing.” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti menegaskan kesiapan aparat keamanan baik dari pasukan dari kepolisian dan dibantu dari TNI untuk memberikan jaminan kemananan selama pelaksanaan tahapan pilkades.

Pada acara deklarasi hari ini, para calon kepala desa (cakades) mengucapkan deklarasi damai bersama-sama, sebagai komitmen para cakades untuk tetap menjalankan proses pemilihan kepala desa hingga akhir pemilihan nanti. Deklarasi damai disambung dengan penandatanganan secara simbolis oleh perwakilan Cakades, Panitia, dan Fokopimda Kabupaten Wonogiri. (aya/admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.