Bupati Wonogiri Joko Sutopo Terima Penghargaan Bintang Veteran RI

Bupati Wonogiri Joko Sutopo Terima Penghargaan Bintang Veteran RI

Wonogiri – Bupati Wonogiri Joko Sutopo menerima Penghargaan Bintang Veteran RI pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun Legiun Veteran Republik Indonesia yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (19/8). Penghargaan ini diserahkan Ketua Markas Daerah LVRI Provinsi Jawa Tengah mewakili Ketua LVRI Pusat Letjend Purnawirawan Rais Abin.

Dalam sambutan Ketua LVRI Pusat Letjen Purnawirawan TNI Rais Abin yang dibacakan oleh ketua Markas Daerah LVRI Propinsi Jateng Kolonel Purnawirawan TNI Amin Munajat menyampaikan, kutipan pernyataan amanat tertulis Presiden Soekarno pada peringatan Hari Veteran Nasional tahun 1965, yang menegaskan : “10 Agustus adalah hari peringatanmu. Hari veteran nasional memang veteran milik nasional. Satu gelar agung yang dianugerahkan oleh rakyat kepadamu, sebagai penghargaan atas perjuangan dan penghargaanmu di masa revolusi fisik.” Hal yang sama oleh presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono juga dikeluarkan Keppres Nomor 30 tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional yang jatuh di setiap tanggal 10 Agustus.

Peringatan ini sebenarnya bukan saja dirayakan oleh dan untuk Segenap anggota veteran, tetapi harus dirasakan oleh seluruh rakyat indonesia. Peringatan 10 Agustus bukan sekedar mengenang terjadinya gencatan senjata, tetapi kita juga ingin memaknai Momentum itu sebagai kemenangan para pejuang kemerdekaan yang bersama – sama dengan rakyat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang diproklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945.

Tema peringatan hari veteran kali ini adalah: “LVRI bersama pemerintah dan masyarakat siap melanjutkan pewarisan nilai-nilai kejuangan’45 kepada generasi penerus bangsa”, sesuai dengan tugas pokok LVRI ke depan untuk melanjutkan pewarisan nilai-nilai kejuangan ’45 kepada generasi penerus. Sebagai veteran kita punya kewajiban mewariskan semangat itu kepada generasi penerus bangsa agar mereka mengerti dan memahami sejarah perjuangan bangsa. Kita tidak ingin generasi mendatang tidak tahu akan sejarah perjuangan bangsanya kita masih memiliki aset pelaku perjuangan yang terdiri dari veteran pejuang kemerdekaan dan veteran pembela. Jadilah teladan, dalam kehidupan keluarga maupun di masyarakat pada umumnya. Tetap aktif dan jadikan hidup lebih bermakna baik bagi diri maupun untuk orang lain. Jadilah pelopor persatuan dan persaudaraan demi tegaknya merah-putih dan Negara kesatuan Republik Indonesia

Dandim 0728/Wonogiri dalam kesempatan tersebut menyampaikan masih di suasana 17 Agustus, semangat kejuangan kita tetap kita korbarkan. Walaupun keanggotaan LVRI yang semakin lama semakin berkurang, namun kita masih berharap kepada para anggota LVRI tetap masih bisa mewariskan nilai-nilai kejuangan ‘45 ini khusus kepada kami (Forkopimda), yang diberikan amanah untuk menjabat. Saya juga membaca sejarah, disitu kedudukan LVRI disebutkan bahwa Veteran Indonesia memiliki watak revolusioner dan Pancasilais. Maka pada pagi hari ini tidak salah dan memang sudah tepat dari LVRI memberikan Bintang Veteran RI kepada bapak bupati, dengan diberikan bintang ini, semoga bisa memberikan semangat yang lebih kepada bupati dan kita semua dalam membantu membangun Wonogiri.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dirinya belum layak menerima Penganugerahan LVRI   karena kebijakan yang dilakukan Pemkab Wonogiri terhadap sesepuh LVRI masih kurang memberikan rasa penghormatan.

“Saya juga meminta maaf apabila mungkin baru beberapa waktu ini LVRI merasa mendapatkan ruang untuk bisa romantisme, bercengkerama bersama dengan keluarga besarnya, mungkin beberapa waktu yang lalu ruang ini belum tersediakan oleh Pemda Wonogiri. Saya menyampaikan permohonan maaf atas kelalaian dari pemerintah Kabupaten Wonogiri yang tidak memberikan penghormatan secara khusus kepada para Legiun Veteran Republik Indonesia, atas segala kekurangan yang saya miliki, tetapi ketua umum tetap menganugerahkan Bintang Veteran RI kepada saya dan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih, semoga kita semua dalam melakukan fungsi tugas dan pengabdian selalu mendapatkan ridho Allah SWT.” jelas Joko Sutopo.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M.Heri Amrrulloh, S.Sos, M.H., Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho, S.H., S.I.K., Kepala Pengadilan Negeri Mochamad Istyadi, Kasi Intel Kajari Amir Akbar SH., Wakil Bupati Edi Santosa, Ketua Dewan Pimpinan Cabang LVRI Wonogiri H. Suwaji, Ketua Markas Daerah LVRI Provinsi Jawa Tengah Amin Munajat, Ketua PPAD , Ketua Pepabri Sutopo Broto. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.