Pemkab Wonogiri Perbaharui Data RTLH

Pemkab Wonogiri Perbaharui Data RTLH

Wonogiri-Pemerintah Kabupaten Wonogiri berkomitmen memperbaharui data terkait dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pernyataan ini disampaikan Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Wonogiri, Haryanto ketika ditemui di kantor Setda Kabupaten Wonogiri, Senin, (17/6). “Sesuai dengan arahan Bapak Bupati, Pemkab melalui dinas terkait telah bersinergi dengan seluruh stakeholder hingga ke tingkat desa untuk bersama-sama memperbaharui data RTLH di Wonogiri. ” tegasnya.

Dikatakan, Data awal RTLH Kabupaten Wonogiri pada awal tahun 2016 masih diangka 43.000 unit. Permasalahan utama terkait dengan data RTLH adalah validitas data yang tersajikan apakah sudah sesuai dengan fakta terkini atau sudah ada perubahan. Lebih lanjut, Haryanto menyatakan sesuai  perintah Bapak Bupati validasi data RTLH nantinya harus lengkap,  by name, by addres serta visualisasi foto rumah sehingga bisa lebih dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyampaikan berdasarkan perkembangan validasi data RTLH se-Kabupaten Wonogiri terkoreksi menjadi 25.000 unit dengan 10.000 unit dalam kondisi rusak berat.

Penyelesaian RTLH diprioritaskan kepada 10.000 rumah yang alokasi anggarannya terbagi menjadi 20 persen dari APBN, 30 persen dari APBD Provinsi, dan 50 persen dari APBD Kabupaten. Selain itu, bantuan RTLH juga didukung dari desa melalui Dana Desa dan corporate social responsibility (CSR) swasta.

“Tahun ini targetnya ada 3.333 RTLH yang dientaskan untuk anggaran murni. Di anggaran perubahan kami tambah lagi Rp5 miliar,” beber bupati yang akrab disapa Jekek. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.