Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi

Wonogiri – Apel gelar pasukan operasi ketupat candi tahun 2019 oleh jajaran Polres Wonogiri yang dilaksanakan di alun-akun Giri Krida Bhakti Wonogiri, Selasa pagi (28/5).

Susunan personil upacara terdiri dari unit korsik, satu pleton TNI Kodim 0728/Wonogiri, satu ton Kanit Provost Polsek, satu pleton dalmas, satu pleton gabungan satf polres, satu ton sat lantas, satu pleton kanit binmas, satu pleton kanit reskrim, satu pleton kanit intelkam, satu pleton dishub, satu pleton gabungan satpol PP dan Damkar, satu pleton gabungan BPBD dan PMI, satu pleton gabungan SAR dan TAGANA, satu pleton gabungan Senkom dan Rapi, satu pleton Banser, satu pleton Satgas MTA, satu pleton Kokam, satu pleton pramuka saka Bhayangkara.

Bupati Wonogiri selaku Inspektur Upacara dalam membacakan amanat Kapolri menyampaikan Operasi Ketupat Tahun 2019 akan diselenggarakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Sumatra Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Polda Bali, dan Polda Papua. Operasi akan melibatkan 160.335 personel gabungan, terdiri atas 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 personel Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

“Berbagai upaya cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat Tahun 2019 juga telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu, berbagai infrastruktur pendukung juga telah dipersiapkan secara optimal oleh Pemerintah. Mulai dari Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatra, berbagai bandara dan pelabuhan laut, serta jalan dan infrastruktur pendukung lainnya.” katanya.

Lebih lanjut Joko Sutopo menyatakan dalam kaitan tersebut, Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak, mulai dari tingkat Markas Besar hingga ke Polres jajaran. “Ada 2 tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini adalah apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara. Kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.” tegas Joko Sutopo.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Hwri Amrulloh, Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwiyati, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santoso, jajaran perwira Kodim 0728/Wonogiri dan Polres Wonogiri. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.