Peringati Hari Kebangkitan Nasional Pemkab Gelar Upacara

Peringati Hari Kebangkitan Nasional Pemkab Gelar Upacara

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Upacara peringatan ini diikuti oleh pejabat teras Pemkab Wonogiri, staf dan karyawan di sejumlah OPD Se-Kabupaten Wonogiri. Meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa tidak menyurutkan semangat para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengikuti upacara.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutan Menteri Kominfo yang dibacakannya menyatakan telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. “Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu Persatuan Indonesia.” terang Joko Sutopo.

Lebih lanjut Joko Sutopo menyatakan bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong.

“Ketika diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas. Namun Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong-royong.” tegasnya. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.