PEKMKAB DAN DANREM TANAM BIBIT BUAH DAN OBAT DI KAWASAN GREEN BELT WGM WONOGIRI

PEKMKAB DAN DANREM TANAM BIBIT BUAH DAN OBAT DI KAWASAN GREEN BELT WGM WONOGIRI

WONOGIRI – Penanaman bibit tanaman serai dan alpukat sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Wonogiri dengan keluarga besar Korem 074 Warastratama dan Perum Jasa Tirta (PJT) Jateng digelar di lokasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Rabu (27/2). Komandan Korem 074 Warastratama Surakarta Kol (Inf) Rafael Granada Bay memimpin penanaman bibit buah-buahan dan tanaman obat di kawasan green belt atau sabuk hijau WGM didampingi Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, SH, Dandim Wonogiri Letkol (Inf) Heri Amrulloh MHum dan jajaran Forkopimda.

Penanaman alpukat dan serai ini menyusul program serupa yang pernah dilakukan Danrem Kol (Inf) Maruli Simanjuntak, di tempat yang sama sekitar 2 tahun silam. Terkait dengan kegiatan penanaman serai dan alpukat, Wabup mengapresiasi kegiatan keluarga besar Korem 074 Warastratama ini. “Ada beberapa manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan ini, yaitu sebagai tanaman pengurang erosi permukaan, sekaligus memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan tidak membutuhkan perlakuan yang khusus,” ujar Wabup.

Wabup berharap melalui kegiatan ini, semoga dapat menginspirasi warga Wonogiri untuk juga melakukan hal yang sama. Yaitu menjadikan serai dan alpukat sebagai komoditas unggulan yang dapat memberi nilai tambah karena nilai ekonomi yang cukup baik. “Diharapkan bisa meningkatakan pendapatan masyarakat, ekononomi kerakyatan bergerak, dan mensejahterakan masyarakat.”

Sementara menurut Danrem, menyebutkan dipilihnya bibit buah dan jamu karena tanah di kawasan sabuk hijau di Desa Pokohkidul Kecamatan Wonogiri itu sangat mendukung. Buktinya, dalam waktu 2 tahun budidaya tanaman obat dan buah-buahan kini sudah bisa dipanen hasilnya. “Tanah yang selama ini nganggur tidak ditanami ternyata subur dan cocok untuk budidaya buah-buahan maupun tanaman obat,” kata dia.

Dia menambahkan, dirinya maupun jajaran anggota TNI di pelosok daerah itu siap membantu Pemkab Wonogiri dalam upaya meningkatkan nilai tambah penghasilan warga. Karena program ini hasilnya menggembirakan, tukas Danrem, anak muda maupun tenaga kerja muda terampil yang selama ini masih menganggur bisa mengikuti jejak mengembangkan usaha budidaya buah dan tanaman obat (rempah-rempah) di kawasan sabuk hijau WGM. (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.