BUPATI : TEKAN ANGKA KEMISKINAN PERLU SINERGITAS PERANGKAT DESA

BUPATI : TEKAN ANGKA KEMISKINAN PERLU SINERGITAS PERANGKAT DESA

Wonogiri – Sesuai dengan dokumen RPJMD bahwa target penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri papda akhir tahun 2021 sekitar 9,8%. Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyampaikan keberhasilan selama 3 tahun kepemimpinannya sudah mampu menurunkan angka  kemiskinan diangka 10.7%. “Keberhasilan pencapaian selama tiga tahun kepemimpinan dari angka 12,98% kemudian meningkat menjadi 13,2% dan atas dukungan semua pihak angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri telah turun menjadi 10,7%”, terang Joko Sutopo disaat memberikan sambutan pada Sarasehan Bersama Perangkat Desa Se-Kabupaten Wonogiri di Pendopo Rumah Dinas, Senin pagi (25/2).

Tingginya angka kemiskinan tidak berubah sejak puluhan tahun lalu menjadikan Pemerintah Kabupaten Wonogiri harus bekerja lebih keras untuk mengatasinya. Sejak dipimpin Bupati Joko Sutopo bersama Wakil Bupati Edy Santosa yang menerbitkan kebijakan Panca Program telah menunjukkan keberhasilan. Perubahan kebutuhan dasar, baik infrastruktur, pelayanan kesehatan dengan standar minimal, penyelenggaraan pendidikan gratis serta pembangunan bidang pertanian.

Joko Sutopo menyampaikan simbolisasi angka kemiskinan adalah masih banyak Rumah Tidak Layak Huni yang tersebar diberbagai wilayah. “Sesuai data terbaru masih ada 38.000-an, RTLH yang harus segera dibenahi dengan kebijakan dan program terpadu. Untuk itulah, validasi data RTLH yang sesuai dengan fakta dilapangan perlu didukung sinergitas dari seluruh Perangkat Desa.” jelasnya.

Lebih lanjut  Bupati Jekek menyampaikan, banyak kebijakan, program dan kegiatan untuk mengurangi angka kemiskinan baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Sinergitas yang terbangun diharapkan akan menyelaraskan kebijakan yang telah dilakukan pemerintah pusat hingga desa melaui alokasi anggaran pada masing-masing tingkat pemerintahan.

“Pemerintah juga telah mengalokasikan tambahan dana desa tahun 2019  menjadi Rp. 70 trilyun. Jadi ada tambahan alokasi dana desa per desa sekitar Rp. 125 juta. Kita harapkan penurunan angka kemiskinan di akhir tahun 2021 optimis dapat kita capai.” tegas Joko Sutopo.

Sarasehan bersama Perangkat Desa dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Setyo Sukarno, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edy Sutopo, dan jajaran pengurus baru PPDI Kabupaten Wonogiri serta 2500-an anggota yang memenuhi hingga halaman pendopo Rumah Dinas Bupati.  (admin).

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.