DITARGETKAN TERWUJUD TAHUN 2045 Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

DITARGETKAN TERWUJUD TAHUN 2045 Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

WONOGIRI-Kementerian Pertanian RI bertekad menjadikan lndonesia sebagai lumbung pangan dunia di tahun 2045. Dalam upaya menggapai target tersebut kita harus bangga saat ini negara kita sudah swasembada empat komuditas pertanian  yakni padi, bawang merah, cabai merah dan jagung.

Hal itu dikemukakan Dr Bambang Sudarmanto MM, Kabid Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyuluhan Badan Pengembangan SDM Petani Kementerian Pertanian RI dalam acara penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) di pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (15/3). Selain komit menjadi lumbung pangan dunia, kata Bambang, lndonesia juga optimis mampu swasembada pangan secara nasional di tahun 2026 mendatang.
“Maka dengan banyaknya pemerintah menyalurkan bantuan Alsintan di pelosok desa juga dalam upaya mendorong usaha sektor pertanian lebih maju,” tandas Bambang yang juga Ketua Tim Monitoring Bantuan Alsintan Kementan RI untuk Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo.
Bantuan sebanyak 71 unit Alsintan secara simbolis diserahkan Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada dua ketua Klomtan/Gapoktan di Kecamatan Eromoko. Menurut bupati, petaninya selama ini masih dihadapkan pada kendala di saat paska panen. “Di saat panen atau over produksi harga di pasaran justru anjlok sehingga yang menikmati panen adalah para tengkulak pemilik modal kuat,” kata bupati. Sehingga, imbuh Joko, mumpung ini hadir pejabat kementerian dari  pusat kami berharap masalah klasik para petani khususnya di daerah Kabupaten Wonogiri  mendapat perhatian serius. -Data di Disperta Wonogiri, Alsintan yang diserahkan bupati kepada para pengurus Gapoktan/Klomtan tahun 2016 senilai Rp 4,9 miliar lebih. Tahun 2017 lalu sebanyak 255 unit  senilai Rp 5,4 M lebih dan  tahun  2018 diserahkan 71 unit Alsintan.-(HUMAS – est)

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.