Perlancar Pencairan Ganti Rugi Pembangunan Waduk Pidekso, Bupati Wonogiri Berkantor Di Desa Pidekso

Perlancar Pencairan Ganti Rugi Pembangunan Waduk Pidekso, Bupati Wonogiri Berkantor Di Desa Pidekso

Wonogiri_Bupati Wonogiri Joko Sutopo respon cepat progress pencairan ganti rugi waduk Pidekso. Sampai saat ini, sudah 70 bidang tanah yang dicairkan ganti ruginya. Dari data yang ada untuk pembangunan tapak bendungan total bidang tanah yang diganti rugi sebanyak 273 bidang tanah. “Kami akan bantu memaksimalkan proses pencairan dana agar cepat selesai. Tentunya, kami perlu dukungan dari berbagai pihak”. kata Bupati Joko Sutopo saat mempimpin Rapat Percepatan Pembayaran ganti Rugi Proyek Strategis nasional Pembangunan Waduk Pidekso di Pendopo Kecamatan Giriwoyo,  Sabtu(9/9).

Lebih lanjut orang nomor satu Wonogiri menyampaikan bahwa dana untuk pembayaran ganti rugi sudah siap tinggal menunggu validasi data dokumen dari warga yang terkena dampak. “Pada validasi pertama ada 70 bidang yang sudah dicairkan. Dan pada tahap kedua dari 45 berkas hanya 27 berkas yang dipastikan lolos validasi.” Tandasnya.

Pencairan Ganti Rugi Pembangunan Waduk Pidekso

Bupati Wonogiri Joko menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Wonogiri bahwa minggu depan semua proses pemenuhan berkas pencairan harus selesai. Oleh karena itu, Bupati Wonogiri berserta unsur perangkatnya akan berkantor di Kantor Desa Pidekso mulai hari senin depan (11/9). “Tentu hal ini harus diikuti kerja bersama baik dari unsur Kecamatan Giriwoyo, Perangkat Desa Pidekso, Formastri (Forum Masyarakat Tiga Desa), serta masyarakat yang akan diganti rugi.” Tegas Bupati Joko Sutopo.

Untuk proses pencairan dana ganti rugi harus memenuhi kelengkapan syarat dokumen yang mencapai 11 macam. Dan berkas ini nanti akan divalidasi dari BPN Kabupaten Wonogiri dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Setelah semua proses selesai maka warga akan menerima dana pencairan ganti ruginya. “Dengan komitmen Bupati Wonogiri Joko Sutopo beserta unsur pemerintah daerah merupakan satu harapan yang harus didukung oleh seluruh warga masyarakat terdampak sehingga proses pencairan dana ganti rugi segera selesai.” tambahnya.

Pencairan Ganti Rugi Pembangunan Waduk Pidekso

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari BBWS Bengawan Solo, Meriska Dewi menyampaikan bahwa kendala yang dihadapinya pada saat validasi data adalah tidak lengkapnya berkas pengajuan dari warga serta adanya perbedaan antara berkas KTP, KK, sertifikat tanah, dan lainnya. “Dari BBWS telah menyiapkan dana pencairan dari bulan Juli 2017 kemarin. Terang Meriska Dewi.

Seperti diketahui bersama Pembangunan Waduk Pidekso adalah salah satu proyek strategis nasional yang ada di Kabupaten Wonogiri. Proyek ini akan membebaskan 1.634 bidang tanah yang di tiga desa yaitu Desa Pidekso dan Desa Tukulrejo Kecamatan Giriwoyo serta Desa Sendangsari Kecamatan Batuwarno. Di harapkan pembangunan Waduk Pidekso akan mampu mengairi sawah seluas 1.500 ha dan menyediakan air baku 0,3m3/ detik.

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.