Bupati Wonogiri Tekankan Pentingnya Mengembalikan Fungsi Alamiah Sungai

Bupati Wonogiri Tekankan Pentingnya Mengembalikan Fungsi Alamiah Sungai

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menekankan pentingnya mengembalikan fungsi alamiah sungai menjadi yang bersih, sehat, dan produktif agar bermanfaat bagi manusia dan lingkungan secara berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan dalam Apel Bersama memperingati Hari Air Sedunia, bertempat di Desa Singodutan Kecamatan Selogiri, Rabu (28/03/2017).

Apel tersebut diikuti warga masyarakat, Komunitas Sungai, Relawan FPRB Wonogiri dan Pegiat Lingkungan di Wonogiri dengan peserta apel sebanyak 900 orang. Kegiatan tersebut juga akan dilanjutkan dengan gerakan kebersihan sungai dan lomba – lomba menggambar di tepian sungai yang diikuti anak-anak usia TK/ SD.

Wonogiri Apel Bersama Peringati Hari Air Sedunia

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan, selama ini menjadi keprihatinan bersama bahwa sungai telah berubah menjadi tempat sampah terpanjang, sehingga merusak ekosistem dan menjadi penyebab bencana alam banjir. Untuk itu, perlu sekali mengembalikan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga dan merawat sungai sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Apel Bersama Peringati Hari Air Sedunia

Fungsi alamiah sungai sebagai saluran air, sumber mata air yang bersih, dan tempat hidup habitat ikan, harus diupayakan sejauh mungkin tetap terjaga. Usai Apel Bersama, Bupati meninjau kondisi sungai Singodutan dan menebarkan benih ikan disepanjang aliran sungai.

Tujuan kegiatan adalah dalam rangka antara lain Sarana edukasi sekaligus pengembangan keberlangsungan budaya gotong royong masyarakat, Sosialisasi pengelolaan sungai dengan membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan guna keberlangsungan ekosistem, Menumbuhkembangkan tangung jawab anggota masyarakat baik di pinggiran sungai maupun di luar sebagai  agen restorasi sungai, Membangun masyarakat dalam rangka pengurangan resiko bencana dan Mengembangkan fungsi sungai sebagai fungsi edukasi, sosial budaya dan ekonomi.

Kepala Desa Singodutan Karsanto dalam laporannya menyatakan, kegiatan apel murni atas peran serta masyarakat, Pemerintah Desa Singodutan dan Komunitas Sungai Singo Tirto Asri wilayah Krisak Desa Singdotan serta dukungan pihak-pihak yang tidak mengikat.

Sebelumnya, sebagai bagian dari Peringatan Hari Air Sedunia, didahului dengan beberapa kegiatan seperti, Sarasehan dengan BPBD Wonogiri dan temu warga, Lomba “Gebug Guling dan Menangkap Ikan di Sungai Krisak”. (bi)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.