oleh

Pemkab Wonogiri Gelar Upacara Hari Bela Negara

Wonogiri – Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar upacara Hari Bela Negara di Lapangan Giri Krida Bakti Wonogiri, Kamis, (19/12/2019). Upacara ini dirangkai dengan peringatan Hari Nusantara, Hari Ibu ke-91, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan.

Upacara ini dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Wonogiri, Pejabat Eselon Pemkab Wonogiri serta tokoh masyarakat. Sebagai peserta upacara dari unsur TNI/Pori, ASN Pemkab Wonogiri, Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Wonogiri, serta siswa sekolah di Kota Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo betindak selaku inspektur upacara dalam sambutannya mengajak untuk mengupas makna berbagai peristiwa yang kita peringati pada hari ini. Hari Bela Negara yang  kita peringati setiap tanggal 19 Desember adalah hari dimana Mr. Syafruddin Prawiranegara mendeklarasikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukittinggi Sumatera Barat, karena ibukota negara saat itu di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda.

“Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara sekaligus penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas. Bela Negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata saja, namun dapat dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.” tegasnya. Upacara yang digelar selama hampir 45 menit ini berlangsung lancar, tertib dan khidmat. (admin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama