Komitmen Bupati Wonogiri Joko Sutopo Angkat Derajat Kesejahteraan GTT & PTT

Komitmen Bupati Wonogiri Joko Sutopo Angkat Derajat Kesejahteraan GTT & PTT

Wonogiri-Bupati Wonogiri Joko Sutopo berkomitmen mengangkat derajat kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kabupaten Wonogiri. Hal ini disampaikan dalam acara Pengarahan GTT dan PTT yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Wonogiri, Senin siang, (18/12).

Dikatakan tenaga GTT dan PTT di Kabupaten Wonogiri berjumlah 4.919 orang belum mendapatkan kesejahteraan sesuai beban tugasnya. Honorarium yang diterima setiap bulan hanya berkisar Rp. 200 ribu.

“GTT dan PTT memiliki peran dan kontribusi yang luar biasa dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa. Dari 7.000 guru PNS berkurang karena pensiun sehingga menjadi hanya 3.000 guru, dan kekurangan 4.000 telah diisi dari GTT dan fakta pahitnya hanya diberikan honorarium Rp. 200 ribu per bulan,” terang Joko Sutopo.

Lebih lanjut Bupati Wonogiri Joko Sutopo atau akrab dipangggil Mas Jekek menjelaskan Pemerintah Kabupaten Wonogiri membutuhkan waktu untuk menata semuanya, termasuk bagaimana nasib GTT dan PTT, bagaimana mewujudkan postur anggaran yang ideal agar tercipta suatu keadilan bagi semuanya.

“Mulai tahun 2018, honor GTT dan PTT kita naikkan 300 ribu per bulan sehingga nanti akan menerima Rp. 500 ribu. Hal terpenting, bahwa saya akan menjamin akan memberikan SK kepada GTT yang nantinya akan bisa digunakan untuk mengikuti seleksi Program Profesi Guru (PPG). Syaratnya bahwa hasil kajian studi banding nanti semua prosedur yang dijalankan benar-benar “clear and clean”, normatif konstitusional, tanpa ada peraturan yang dilanggar,” tegas Joko Sutopo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Siswanto menjelaskan GTT yang lolos seleksi PPG berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi profesi sehingga bisa menambah kesejahteraan guru.

Acara pengarahan ini selain menghadirkan ribuan GTT/PTT Se-Kabupaten Wonogiri juga dihadiri Ketua DPRD kabupaten Wonogiri Setyo Sukarno, Anggota DPRD Sriyono, dan unsur SKPD terkait.  (Humas-Kang Utis).

 

 

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.