MAKAM BUPATI WONOGIRI I DIPUGAR

MAKAM BUPATI WONOGIRI I DIPUGAR

WONOGIRI – Makam Bupati Wonogiri yang terletak di Dusun Dringo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi dipugar. Pemugaran makam salah satu petinggi praja Mangkunegaran yang membangun Kota Wonogiri ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi Wonogiri ke-277.

Sekda Kabupaten Wonogiri Suharno mengatakan pemugaran Makam Bupati Wonogiri I ini karena kondisi sudah sangat memprihatinkan dan banyak makam yang mengalami kerusakan. “Tempat ini merupakan situs sejarah penting bagi Kabupaten Wonogiri. Tidak hanya sebagai kompleks Makam akan tetapi juga sebagai wahana edukasi sejarah dan bisa juga nanti dijadikan obyek wisata spiritual,” terang Suharno.

Semantara itu, Ketua Komisi I DPRD Wonogiri Sugeng Ahmadi mengatakan, makam bupati pertama akan dijadikan ikon untuk mengangkat nama Desa wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi. Oleh karena itu pemerintah menurutnya harus mendukung. “Pemeliharaan jangka pendek, menengah dan panjang supaya diperhatikan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Aswas Kejati Jateng dan Pemkab Wonogiri yang telah membangun Gapura makam Bupati pertama,” katanya.

Sebagaimana diketahui, makam R Ng Djojosoedharso merupakan sebuah situs yang sangat penting dalam sejarah keberadaan Kabupaten Wonogiri. Dia dipercaya sebagai orang pertama yang merintis berdirinya Kabupaten Wonogiri. R Ng Djojosoedharso yang pertama kali memimpin Wonogiri tahun 1847. Saat itu, Wonogiri masih berstatus sebagai Kawedanan Gunung Wonogiri di bawah pemerintahan Praja Mangkunegaran.

Kompleks makam Ngambarwangi menempati lahan sekitar satu hektare. Di sepanjang jalan masuk menuju makam Bupati, terdapat beberapa makam yang ada di kiri dan kanan jalan. Makam-makam tersebut adalah para pejabat pemerintahan waktu itu.

Makam utama yakni makam R Ng Djojosoedharso berada di ujung utara. Di dekatnya ada 13 makam lain. Antara lain makam Eyang R Ng Joyo Sudarso, Eyang R Ng Joyo Sudarso Pakadiwati, R Aj Djojo Sudarso, R Ng Djajeng Pralebdo, Wedana Gunung Baturetno Djojohandojo serta makam-makam lain yang masih kerabat dan keluarga Bupati. (admin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.