WAKIL BUPATI WONOGIRI EDY SANTOSA PANEN CABAI DI DESA JENDI KECAMATAN SELOGIRI

WAKIL BUPATI WONOGIRI EDY SANTOSA PANEN CABAI DI DESA JENDI KECAMATAN SELOGIRI

Wonogiri-Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa menghadiri panen cabai bersama Kelompok Tani Rukun Makmur di Desa Jendi Kecamatan Selogiri, Rabu (18/10). Panen cabai di wilayah ini merupakan panen perdana budidaya cabai besar dengan menggunakan mulsa plastik.

Dikatakan, kabupaten Wonogiri mendapat bantuan pengembangan tanaman cabai dari dana APBN. Bantuan ini telah disalurkan kepada Kelompok Tani yang khusus mengembangkan tanaman cabai dan pada bulan Oktober ini telah memasuki masa panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri Safuan mengatakan kabupaten Wonogiri menerima bantuan budidaya tanaman cabai seluas 75 ha yang tersebar di 7 kecamatan.

“Bantuan yang diberikan berupa pengembangan tanaman cabai pada lahan seluas 75 hektar, berupa bantuan benih, pupuk, obat-obatan, cultivator, hand sprayer, serta sarana penunjang lain” terang Safuan. Setiap kelompok tani mendapat bimbingan langsung dari PPL sehingga jika ada kesulitan dalam pengembangan tanaman cabai dapat cepat diatasi, tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa mengatakan bahwa keberanian petani dalam menanam selain tanaman padi patut diapresiasi. “Tanaman cabai merupakan tanaman hortikultura yang sangat potensial. Jangan sampai patah arang dengan naik turun harga cabai. Dengan bimbingan PPL, saya yakin para petani dapat mengembangkan tanaman cabai. Meskipun harga berfluktuasi tetapi pada hari ini kita panen dengan hasil yang masih memberikan keuntungan bagi petani.” ungkap Edy Santosa.

Wakil Bupati Wonogiri berharap bahwa bantuan dalam bidang pertanian dari pemerintah pusat harus disesuaikan dengan lahan yang ada. “Kesesuaian antara jenis tanaman yang dikembangkan dengan lahan berdampak pada hasil yang optimal. Sehingga ini merupakan kunci agar bantuan ini dapat bermanfaat.” Terang Edy Santosa.

Dalam acara panen cabai besar diakhiri dengan meninjau lahan pengembangan tanaman sekaligus memetik cabai besar yang telah siap panen. (humas_kang utis).

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.