WABUP : BANYAK PEDAGANG KECIL TERJERAT RENTENIR, PR BAGI PEMKAB

WABUP : BANYAK PEDAGANG KECIL TERJERAT RENTENIR, PR BAGI PEMKAB

WONOGIRI – Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Purwodadi  Wonogiri menggelar Gebyar Undian Tamades tahun 2018. Acara diselenggarakan di aula gedung PGRI Kecamatan Girimarto, Selasa (18/9). Direktur Utama PD BPR BKK Wonogiri, Sucipto, mengatakan bahwa acara ini merupakan apresiasi dari pihaknya atas kepercayaan masyarakat selama ini. “Ini merupakan wujud penghargaan PD BPR BKK Wonogiri kepada nasabah, dengan pemberian hadiah melalui undian,” katanya.

Dikatakan bahwa sebagai upaya promosi dalam rangka penghimpunan dana masyarakat melalui produk tabungan Tamades (Tabungan Masyarakat Desa), sampai akhir Agustus 2018 dapat menghimpun dana sebesar Rp 74,4 miliar dengan total penabung sebanyak 6.681 nasabah.

Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa banyak warga masyarakat Wonogiri, khususnya yang menggeluti perdagangan di pasar-pasar belum bisa bebas dari jeratan rentenir. “Banyak pedagang kecil belum bebas dari rentenir.  Untuk itu kami hadir, lewat BPR BKK Wonogiri yang bisa memberikan kredit usaha dengan bunga rendah. Maksudnya supaya mereka menghentikan kegiatan pinjam ke rentenir,” kata Wabup.

Tapi menurut Wabup hal ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pedagang. “Padahal ada dana sekitar Rp 1 miliar di BPR BKK Wonogiri agar jangan sampai  pedagang kecil/asongan terjerat rentenir. Tapi kenyataannya, yang memanfaatkan belum maksimal. Perlu dicari terobosan, apa yang harus dilakukan menghadapi hal ini,hampir di tiap pasar pasti ada rentenir. Ini PR bagi kami selaku Pemerintah Daerah.”

Selain penarikan undian, dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan beasiswa kepada anak yatim/piatu dan dhuafa senilai Rp 40 juta serta bantuan air bersih sebanyak 50 tangki. Adapun beberapa hadiah yang disediakan berupa  unit sepeda motor, televisi, almari es, kipas angin, dan ratusan hadiah lainnya. (HUMAS-est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.