TANDAI 4 TAHUN MEMIMPIN, BUPATI POTONG TUMPENG

TANDAI 4 TAHUN MEMIMPIN, BUPATI POTONG TUMPENG

WONOGIRI – Pemandangan berbeda terjadi saat upacara bendera luar biasa yang dilaksanakan setiap tanggal 17 tiap bulan di halaman rumah dinas Bupati Wonogiri, Senin (17/2). Tepat hari ini, Pemerintah Kabupaten Wonogiri di bawah pimpinan Bupati Joko Sutopo bersama Wakil Bupati Edy Santosa, SH genap berjalan 4 tahun. Tanggal 17 Februari 2016 lalu, pasangan Jekek-Edy ini dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri. Upacara ini sekaligus menjadi momentum dalam memperingati Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri.

“Terima kasih yang setulus-tulusnya, penghargaan yang setinggi-tingginya kami haturkan kepada segenap elemen masyarakat dan pemerintah yang telah ikut menjadi bagian dalam proses menunaikan janji politik kami kepada masyarakat Wonogiri. Sungguh suatu kebersamaan yang luar biasa yang telah ditunjukkan segenap unsur masyarakat Wonogiri, melintasi berbagai perbedaan, menyatu dalam satu barisan yang dilandasi semangat “Sesarengan mBangun Wonogiri”. Suatu sesanti yang mampu mendorong dan menumbuhkan semangat kita semua untuk bekerja bersama-sama untuk Wonogiri,” kata Bupati Wonogiri saat menjadi inspektur upacara.

   Dalam kurun waktu 4 tahun ini, fokus pengentasan kemiskinan menjadi target utama. Penghujung tahun 2019, angka kemiskinan Kabupaten Wonogiri sebesar 10,25%, sudah lebih baik dari angka rata-rata kemiskinan Provinsi Jawa Tengah sebesar 10,58%, tetapi masih di bawah angka rata-rata nasional sebesar 9,22%. Optimisme selalu ada untuk pencapaian yang lebih baik di tahun depan.

“Tugas ke depan terkait dengan upaya menurunkan angka kemiskinan, kami memasang target 9%, dilaksanakan dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui jalur pendidikan baik formal maupun non formal agar mampu secara mandiri memperbaiki kehidupannya,” terang Bupati.

Kontribusi nyata dari pelaksanaan program yang telah dilaksanakan selama empat tahun juga terlihat pada sejumlah indikator. Di antaranya indikasi kinerja perangkat pemerintah Kabupaten Wonogiri menunjukkan trend yang selalu meningkat. Berdasarkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), Pemerintah Kabupaten Wonogiri berada pada kategori C (interprestasi kurang) dengan nilai kurang dari 50 pada tahun 2015.

“Dalam waktu tiga tahun, pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Wonogiri meraih kategori BB dengan nilai 70,43, menempati posisi empat terbaik se-Provinsi Jawa Tengah, dan posisi pertama di wilayah Solo Raya.”

Seusai upacara, Bupati melakukan tasyakuran dengan memotong tumpeng dan melakukan doa bersama sebagai simbol peringatan dengan disaksikan istri, drh. Verawati Joko Sutopo, M.SC dan putra semata wayangnya, jajaran Forkopimda, kapala OPD, dan ratusan ASN Pemkab Wonogiri. (est)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.