12 Ribu Jiwa Di Kabupaten Wonogiri Belum Tercover Jamkesmas

12 Ribu Jiwa Di Kabupaten Wonogiri Belum Tercover Jamkesmas

WONOGIRI_ Pemerintah Kabupaten  Wonogiri menunjukkan keseriusannya dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi  warga tidak mampu. Bupati Wonogiri Joko Sutopo Senin (15/5) pada acara Fasilitas Bantuan Keuangan APBD Provinsi kepada Desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, menghimbau seluruh Kepala Desa untuk melakukan pendataan ulang warga tak mampu agar memperoleh data yang valid jumlah warga yang masih tinggal dalam kemiskinan.

Menurut Drs. Suwartono Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri,  ada  372.680 jiwa masyarakat miskin yang berhak menerima pelayanan kesehatan gratis. Saat ini yang bisa di back up sebanyak 359.883 jiwa, dengan rincian penerima  Kartu Indonesia Sehat  atau Jamkesmas pusat  328.412 jiwa, Jamkesda Provinsi   4485 dan Jamkesda Kabupaten sekitar  26 ribu jiwa. Sebanyak 12790 jiwa belum menerima  Jamkesda karena terkendala KTP maupun  warga difabel. Sehingga aparat desa diminta untuk mendata kembali warganya.

Sementara itu Direktur Utama  RSUD Soediran Mangun Soemarso Setyarini mengatakan angka cakupan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui BPJS di Kabupaten Wonogiri  sekitar 52.58%, terendah se Soloraya maupun se Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut   dikarenakan faktor kondisi geografis yang  luas,  sebaran penduduk tidak merata,  sarana prasarana komunikasi yang masih kurang dan terutama  kurangnya  peran serta pihak-pihak terkait untuk mensosialisasikan pentingnya Jamkesmas.

Berkaitan dengan pelayanan kesehatan bagi warga tidak mampu di RSUD SMS,  Setyarini mengatakan  bangsal kelas tiga menempati hunian tertinggi, sehingga seringkali banyak pasien yang tidak tertampung. Bangsal kelas tiga juga sering dipenuhi ibu-ibu melahirkan dengan berat badan bayi kurang.

Untuk mengatasi banyaknya pasien maka RSUD akan membangun bangsal tambahan kelas 3. Selain itu  data Tahun 2016 menunjukkan biaya BPJS kelas 3 sebesar 27 miliar sehingga melalui perhitungan APBD, pemerintah Kabupaten Wonogiri dianggap mampu dan  bisa merealisasikan  pelayanan kesehatan gratis di tahun 2018. (HUMAS)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.