SOSIALISASI PEMETAAN PARTISIPASTIF PTSL 2019

SOSIALISASI PEMETAAN PARTISIPASTIF PTSL 2019

WONOGIRI-PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap merupakan salah satu prosedur mendapatkan sertifikat tanah bagi masyarakat yang belum memilikinya. Kepala BPN Kabupten Wonogiri Rio Sukardiyanto mengatakan Program PTSL Kabupaten Wonogiri pada tahun 2018 ini telah menyelesaikan sebanyak 30 ribu bidang tanah di sela-sela kegiatan Pelaksanaan Evaluasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2018 dan Rencana Pendaftaran Tanah Siatematis Lengkap 2019 Menuju Wonogiri Lengkap Serta Sosialisasi Kegiatan Pemetaan Partisipatif di Kabupaten Wonogiri, yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu pagi(12/12).

“Pada tahun 2019, BPN siap melaksanakan PTSL dengan kuota dari Pemerintah pusat sebanyak 15.000 bidang tanah. Dan baru ada 9 kecamatan yang siap melaksanakannya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Edy Santosa juga menyampaikan ajakan untuk memperkuat terutama badan petanahan nasional dalam hal pemetaan wilayah guna mendapatkan data yang nyata.

“Jatah 30 ribu sertifikat di Wonogiri telah diselesaikan dengan baik. Ini merupakan komitmen serta kerja keras atas prakarsa kepala BPN Kab. Wonogiri beserta jajaranya yang dengan tulus ikhlas bekerja dengan maksimal. Dengan adanya evaluasi pendaftaran tanah sistematis lengkap 2018 dan rencana pendaftaran tanah siatematis lengkap 2019 menuju Wonogiri lengkap ini diharapkan dapat memperoleh data yang riil. Sehingga nantinya tidak ada hambatan lagi di lapangan. Karena sekarang sudah ada solusi dengan menyelesaikan masalah yang selama ini menjadi kendala dilapangan. Perlu kami sampaikan bahwa pemerintah daerah sekarang ini juga menyelesaikan tentang peraturan RT/RW. Peta yang ada di Wonigiri ini ada perbedaan antara dipusat dan daerah. Pada kesempatan ini BPN hadir ditengah-tengah kita dalam rangka pemetaan.Tentunya semuanya perlu koordinasi dari berbagai pihak terutama steakholder. Sesuai dengan nawacita yang digagaskan oleh bapak presiden Joko Widodo semoga dapat berjalan dengan lancar.” terang Edy Santosa.

Kegiatan sosialisasi selain  bertujuan untuk mengevaluasi pendaftaran tanah sistematis lengkap 2018 sekaligus untuk merencanakan pendaftaran tanah siatematis lengkap 2019 menuju Wonogiri lengkap. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis tanggal 12-13 Desember 2018. Jumlah peserta yang hadir pada kesempatan kali ini sejumlah 450 peserta yang berasal dari Provinsi, Kabupaten dan petanahan kab. Wonogiri. Mohon berkenan nanti bapak wakil bupati memberikan arahan sekaligus membuka rapat koordinasi ini.

Nara sumber yang akan memberikan materi nanti dari badan wilayah pertanahan Jateng dan Wonogiri dilanjutkan diskusi guna menentukan wilayah sesuai dengan pemetaan.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Lekol Inf M. Heri Amrullah, S.Sos, MH., Wakil Bupati Kab. Wonogiri Edi Santosa, SH., Asisten II Setda Bambang Haryadi, SH. MM., Kepala Kantor Petanahan Kab. Wonogiri Riyo Sukardiyanto SH MH., Kepala Infrastruktur Kab. Wonogiri Prihanto SP., Tim Kanwil BPN Propinsi Jawa Tengah Masur Fahmi SIP., Para Danramil Kodim 0728/Wonigiri, Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kab. Wonogiri. (admin)

 

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.