PENANGGULANGAN KEMISKINAN INTEGRASIKAN EMPAT PENDEKATAN

PENANGGULANGAN KEMISKINAN INTEGRASIKAN EMPAT PENDEKATAN
Program Bantuan RTLH Kabupaten Wonogiri

WONOGIRI-Program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Wonogiri yang pelaksanaannya terpadu dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), mengintegrasikan empat pendekatan untuk menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Wonogiri. Demikian disampaikan oleh Sekretaris BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Wonogiri Drs. Sunarso, MM pada Rakor TKPKD Kabupaten Wonogiri beberapa waktu lalu.

Empat pendekatan tersebut mengacu pada program penurunan angka kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah, yang meliputi mengurangi beban pengeluaran keluarga (jaring pengaman sosial), meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, meningkatkan dan menjamin keberlangsungan usaha mikro dan kecil, serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan tersebut.

Lebih lanjut Sunarso menjelaskan, angka kemiskinan Kabupaten Wonogiri pada tahun 2017 sebesar 12,90%, dan dengan berbagai program yang dilakukan, diharapkan angka tersebut dapat terkoreksi, setidaknya mendekati angka kemiskinan Provinsi Jawa Tengah yang pada kuartal ketiga tahun 2018 berada pada angka 11,32%.

Optimisme tersebut berpijak pada sejumlah indikasi, antara lain angka pertumbuhan ekonomi yang terjaga diatas 5%, dan Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang semakin membaik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2010 IPM Kabupaten Wonogiri 63,90%, dan terakhir pada tahun 2016 pada angka 68,23%. Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2018 mampu menjangkau lebih banyak keluarga, 42.404 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sementara pada tahun 2017 26.483 KPM.

Program lain yang terintegrasi dan terkoordinasi dalam TKPKD adalah, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dimana pada tahun 2018 dari berbagai sumber ditargetkan 1.889 RTLH yang direhab. Program rehabilitasi RTLH diintegrasikan dengan program elektrifikasi (sambungan listrik) khususnya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). (admin-bin)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.