oleh

PASIEN CORONA DI WONOGIRI SEMBUH

WONOGIRI – Salah satu pasien yang positif terserang virus corona di Wonogiri dinyatakan sembuh. Pria warga Dusun Pondok, Desa Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri bernama Purwadi kini sudah dinyatakan negatif covid-19. Purwadi sempat dirawat di RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri. Ia mengalami gejala yang mengarah Covid-19 sepulang dari Bogor, 17 Maret lalu.
“Pada 19 Maret lalu, laboratorium Balitbangkes melakukan tes Swab terhadap Purwadi. Hasilnya baru bisa diketahui tanggal 25 Maret yang menyatakan bahwa Purwadi positif terinfeksi virus corona,” jelas Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Sabtu (11/4).
Namun sehari sebelumnya, tanggal 24 Maret, pria itu sudah dinyatakan sehat dan boleh pulang dari rumah sakit. “Setelah lihat hasil laboratoriumnya, kami langsung membujuk Mas Purwadi agar kembali lagi ke rumah sakit untuk diisolasi. Dia sempat menolak karena merasa sudah sehat. Tetapi setelah kami beri pengertian, akhirnya dia bersedia kembali ke rumah sakit,” imbuh Bupati.
Kemudian Purwadi kembali menjalani isolasi di RSUD SMS Wonogiri hingga 11 April. Kini, hasil laboratorium Balitbangkes telah menunjukkan bahwa dia negatif Covid-19 dan sudah dinyatakan sehat. Selanjutnya, pria itu harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.
Bupati mengucapkan selamat kepada Purwadi dan mengapresiasi seluruh tim medis dan semua pihak yang telah berperan. “Tingkat kesembuhan Covid-19 mencapai 94%, syaratnya harus disiplin dan patuh selama perawatan,” katanya.
Bupati merasa bangga karena segala daya dan upaya telah membuahkan hasil kesembuhan pasien tersebut. Dia juga menegaskan, tidak boleh ada penolakan terhadap pasien yang sembuh dari Covid-19.
Saat ini, grafik jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di kabupaten itu telah melandai. Hanya ada dua pasien Covid-19. Satu orang meninggal, 17 Maret lalu. Sedangkan satu orang lagi sudah sembuh, yakni Purwadi.
Dari 266 ODP, sebanyak 117 orang sudah melewati masa inkubasi selama 14 hari dan tidak menunjukkan gejala yang mengarah ke Covid-19. Adapun dari 36 orang PDP, tinggal enam orang yang masih dirawat di RSUD SMS Wonogiri. (est)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama