Job Fair Mini Wadah Perluas Lapangan Kerja Di Wonogiri

Job Fair Mini Wadah Perluas Lapangan Kerja Di Wonogiri

WONOGIRI_Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Job Fair Mini di SMK Negeri 1 Wonogiri yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Edy Santosa, SH,.  Job fair mini  berlangsung selama dua hari  dari hari Jumat (10/3) s/d Sabtu  (11/3). Kegiatan ini merupakan bagian Program Kementerian Tenaga kerja RI yang melibatkan 16 perusahaan regional dan nasional, dengan 3975 lowongan pekerjaan dari berbagai tingkatan jabatan.

Kepala Disnakertran  Ristanti dalam acara pembukaan Job fair Jumat (10/3) menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu fasilitasi dan penyediaan lapangan kerja bagi pengangguran mengingat saat ini di Kabupaten Wonogiri terdapat 1 juta lebih penduduk  dimana 743279 merupakan penduduk usia kerja, 529512 merupakan angkatan kerja, sebanyak 38665 setengah menganggur,  13665 pencari kerja serta  15000 lebih pengangguran.

job fair mini di wonogiri

“ tantangan pasar kerja semakin berat terlebih dengan globalisasi MEA sehingga dibutuhkan kesiapan para pencari kerja dengan ketrampilan dan keahlian untuk dapat menembus  arus bebas tenaga kerja.”katanya.

Disnakertran  Wonogiri  juga secara khusus telah membekali para pencari kerja dengan sertifikat kompetensi sebagai bekal memperoleh pekerjaan. Ia juga  menambahkan untuk menampung pasar   tenaga kerja,  setelah ujian nasional  kegiatan serupa akan digelar kembali pada bulan Mei dengan melibatkan lebih banyak stand perusahaan.

Sementyara itu Bupati Wonogiri, melalui Wakil Bupati  Edy Santosa, SH mengapresiasi dengan penyelenggaraan job fair  yang menjadi terobosan dan solusi bagi masalah pengangguran di Kabupaten Wonogiri.

“Pengentasan pengangguran merupakan tugas yang penting dan menjadi tanggungjawab kita,   mengingat setiap tahunnya terdapat 8000 lulusan sekolah yang mencari pekerjaan.”ujarnya.

Ia juga  menyampaikan bahwa jumlah penggangguran di Kabupaten Wonogiri yang  cukup besar menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan,  untuk itu saat ini Wonogiri membuka kesempatan luas kepada investor yang akan mengembangkan modal dan usaha di Wonogiri  dengan harapan bisa menyerap pasar tenaga kerja yang ada.  (mon_humas)

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.