PEMERINTAH EVALUASI SISTEM PEMBELIAN PUPUK

PEMERINTAH EVALUASI SISTEM PEMBELIAN PUPUK

WONOGIRI-Penerapan sistem pembelian pupuk dengan kartu tani harus diakui masih menimbulkan persoalan ditingkat petani. Dari jumlah penerima kartu tani baru mencapai 37% dari total 171.148 petani yang terdaftar dalam Sistem Manajemen Pangan Indonesia. Bupati Joko Sutopo atau akrab disebut Mas Jekek dalam Pertemuan Koordinasi Persiapan Penebusan Pupuk Bersubsidi Menghadapi Musim Tanam I 2018/2019 dan Penyerahan Alat Mesin Pertanian  yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (8/10), menyatakan pemerintah dihadapkan pada  fungsi koordinasi penyaluran pupuk pada musim tanam tahun ini dan berkewajiban bertanggung jawab dalam pelayanan terhadap petani dan mengevaluasi pelayan agar mendapat respons puas dari masyarakat.

“Dari fakta yang ada, lebih dari 60% petani yang masuk daftar belum menerima kartu tani, sehingga pembelian dengan sistem kartu tani memang belum bisa maksimal. Oleh karena itu, pemerintah memberikan kelonggaran bagi petani yang belum memiliki kartu tani tetap dilayani sehingga kebutuhan pupuknya bisa terpenuhi,” terang Bupati Joko Sutopo.

Lebih lanjut Joko Sutopo mengingatkan agar dalam pembelian pupuk ini tidak terjadi penyelewengan kuota pupuk di Wonogiri. Pihaknya akan bekerjasama dengan aparat TNI/Polri dalam pengawasan distribusi pupuk dan tidak segan-segan akan mengevaluasi perijinan kepada para agen dan distributor pupuk yang melanggar aturan.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKM & Perindag, Guruh Santosa menyatakan distribusi pupuk merupakan salah satu tugas pada tugas, pokok dan fungsi dinasnya. “Dalam menghadapi musim tanam tahun ini, saya mengharapkan kesiapan para produsen, distributor, dan agen agar betul-betul siap. Pendistribusian bagi produsen 3 minggu sudah siap, distributor 12 hari dan para pengecer 1 minggu sudah siap. “Musim tanam dengan masuknya musim hujan itu sama artinya bebarengan. Untuk kebutuhan pupuk 6 ribu sampe 10 ribu ton, hal ini untuk mendorong agar para ditributor dan agen segera menyiapkan diri,” tambahnya. (admin)

 

Subscribe

Maturnuwun sudah baca berita kami untuk langganan berita silahkan masukkan email aktif di bawah ini nggih

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.