oleh

Kabupaten Wonogiri Raih Predikat CC Evaluasi AKIP 2016

Kabupaten Wonogiri Raih Predikat CC Evaluasi AKIP 2016

Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) tahun 2016 dari Kementrian PAN-RB di Jogja Expo Centre (JEC), Yogyakarta, Senin (6/2/2017).

Pada evaluasi tahun 2016 Pemkab Wonogiri memperoleh nilai 58,89 dengan predikat CC (Cukup). Pemkab Wonogiri berhasil melakukan lompatatan nilai yang tinggi, dari evaluasi tahun 2015 Pemkab Wonogiri hanya memperoleh nilai 46,43 dengan Kategori C (Kurang).

wonogiri PREDIKAT CC EVALUASI AKIP 2016

LHE AKIP tahun 2016 ini diserahkan Menteri PAN-RB, Asman Abnur kepada 156 Pemerintah Kabupaten/Kota Wilayah Regional III yang meliputi Provinsi se-Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Menteri Asman mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat baik hingga sangat baik. Keberhasilan dalam implementasi SAKIP tersebut sangat berdampak pada efisiensi dalam penggunaan anggaran.

SAKIP yang selama ini dianggap sebagai kumpulan dokumen semata ternyata mempengaruhi efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara yang pada hakikatnya adalah dana yang terkumpul dari rakyat.

Menurut Menteri PANRB, rendahnya tingkat akuntabilitas kabupaten/kota dikarenakan empat permasalahan utama, yakni tujuan/sasaran yang ditetapkan tidak berorientasi pada hasil, ukuran keberhasilan tidak jelas dan terukur, program/kegiatan yang ditetapkan tidak berkaitan dengan sasaran, dan rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama